Penjajah Zionis Tangkap Aktivis Terkemuka Palestina Syaikh Kamal Khatib

Syaikh Kamal Khatib

SALAM-ONLINE: Pasukan Militer dan polisi penjajah Zionis pada Selasa (23/1/18) menangkap Syaikh Kamal Khatib, salah seorang anggota terkenal sebuah LSM Arab terkemuka dan mantan wakil pemimpin Gerakan Islam Palestina, demikian diungkapkan seorang pengacara Palestina, Khaled Zbarqal.

Pengacara Palestina Khaled Zbarqal seperti diberitakan Worldbulletin, Selasa (23/1), mengatakan tentara dan polisi “Israel” menggerebek kota Arab Kafr Kanna di wilayah pendudukan pada Selasa dan menangkap Syaikh Kamal Khatib tanpa alasan apapun.

“Polisi ‘Israel’ menangkap Khatib dari rumahnya di desa Arab Kafr Kana, Palestina, wilayah yang diduduki penjajah Zionis tanpa alasan apapun,” kata pengacara Khaled Zbarqal kepada Anadolu Agency.

Menurut Zbarqal, Khatib saat ini ditahan di kantor polisi penjajah di kota Nazaret, wilayah jajahan “Israel” di bagian utara.

Sebelumnya, Khatib juga merupakan wakil pemimpin Gerakan Islam di wilayah ini. Dipimpin oleh ikon perlawanan Palestina yang saat ini dipenjara, Sheikh Raed Salah, Gerakan Islam tersebut secara resmi dilarang oleh penjajah “Israel” sejak 2015 dengan dalih “menghasut kekerasan”.

Saat ini Khatib adalah anggota terkemuka Komite Tindak Lanjut untuk Warga Negara Arab, sebuah organisasi payung ekstra parlemen yang mewakili warga Arab di tanah Palestina yang diduduki.

Baca Juga

“Kami sekarang menunggu rincian penangkapannya,” ujar Zbarqal.

Lebih dari 7.000 warga Palestina dilaporkan ditahan di penjara-penjara penjajah. Ratusan narapidana telah dipenjara di bawah praktik penahanan administratif, tanpa pengadilan.

Sejumlah warga dan aktivis Palestina ditahan dalam kurun waktu belasan tahun.

Menurut laporan, setidaknya 13 anggota parlemen Palestina saat ini ditahan di penjara penjajah tersebut. Sembilan dari mereka ditahan tanpa diadili. (S)

Sumber: Worldbulletin

Baca Juga