Tembakkan 11 Roket dan Bunuh Warga Suriah, PYD/PKK dan Basisnya Dihancurkan Tentara Turki  

SALAM-ONLINE: Tentara Turki telah menghancurkan dua basis PYD/PKK di Suriah barat laut. Dua posisi ini digunakan PYD/PKK untuk melancarkan serangan roket ke Turki selatan yang menargetkan warga sipil.

Menurut kantor berita Anadolu, Ahad (21/1/18), sebelumnya kelompok teroris PYD/PKK telah melancarkan 11 serangan roket, membunuh seorang warga negara Suriah dan melukai 46 lainnya, termasuk 16 orang Suriah, di distrik Reyhanli, provinsi Hatay.

Setelah terlihat oleh radar target akuisisi, jet-jet tempur Turki melancarkan serangan udara dan menghancurkan posisi PYD/PKK.

Serangan balasan tentara Turki dilakukan saat Operasi Olive Branch diluncurkan pada Sabtu. Serangan dilakukan untuk menghabisi teroris YPG/PYD/PKK dan Daesh dari Afrin.

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki. Wilayah perbatasan ini digunakan untuk melindungi orang-orang Suriah dari kekejaman teroris.

Baca Juga

Operasi itu sendiri menurut pemerintah Turki dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah.

Pihak militer Turki juga mengatakan “sangat penting” dilakukan agar tidak membahayakan warga sipil mana pun.

Wilayah Afrin, Suriah, telah menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD/PKK sejak Juli 2012 ketika rezim Basyar Asad di Suriah meninggalkan kota ini. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga