Terowongan Jaringan Teroris PKK/PYD di Suriah Ditemukan di Azaz

AZAZ (SALAM-ONLINE): Angkatan bersenjata Turki dan oposisi Suriah (FSA) menemukan terowongan jaringan teroris PKK/PYD yang terletak 4 meter di bawah sebuah desa yang telah dibersihkan dari teroris itu di Azaz, Afrin, barat laut Suriah.

Terowongan tersebut digunakan oleh kelompok teroris dukungan AS itu sebagai tempat berlindung dari serangan jet dan tembakan artileri berat lainnya di tengah operasi melawan terorisme yang diluncurkan Turki di Afrin, Suriah.

Terowongan itu juga menghubungkan pusat komando teroris dengan titik-titik strategis dan menara pengawas, menurut sumber lokal yang tak bersedia disebutkan namanya, sebagaimana dilansir kantor berita Anadolu, Rabu (31/1/18).

Dalam rekaman menunjukkan kabel listrik dan area tempat tinggal dapat dilihat di terowongan dan tempat penampungan tersebut.

Pasukan Turki dan FSA juga menemukan sejumlah catatan harian teroris yang ditulis dalam bahasa Turki dan Kurdi, dokumen-dokumen politik serta gambar Abdullah Ocalan, pemimpin PKK yang merupakan kelompok induk dari organisasi teroris PYD/PKK di Afrin, barat laut Suriah.

Baca Juga

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, hak untuk membela diri di bawah Piagam PBB, dengan tetap menghormati integritas teritorial Suriah.

Militer Turki menegaskan bahwa operasi ini hanya menargetkan teroris. Pihak militer juga memastikan bahwa sangat penting ditekankan operasi tidak membahayakan warga sipil.

Afrin menjadi basis dan tempat persembunyian utama bagi YPG/PYD/PKK ketika rezim Asad di Suriah menyerahkan kota tersebut kepada kelompok teror tanpa pertempuran pada Juli 2012. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga