Warga Palestina: “Kami Ingin Kembali ke Tanah Kami tanpa Darah, Tank dan Bom”

Ribuan orang Palestina berdemonstrasi di perbatasan timur Gaza. (Foto: Hosam Salem/Aljazeera]

GAZA (SALAM-ONLINE): Pada jam-jam awal Jumat (30/3/2018), Umm Khattab Dolah (85 tahun) dan cucunya menuju perbatasan timur Gaza.

Sesampai di sana, mereka bergabung dengan massa Palestina yang mendirikan tenda di sepanjang perbatasan. Ke sisi lain, mereka melihat tentara penjajah “Israel” dikerahkan.

Setidaknya 70 persen dari dua juta penduduk di Jalur Gaza tinggal di kamp-kamp pengungsi, hanya beberapa kilometer jauhnya dari rumah dan desa asli mereka di seberang perbatasan, di mana kelompok-kelompok bersenjata Zionis mengusir mereka pada tujuh dekade sebelumnya.

Dolah, yang tinggal di kamp pengungsi Shati di sepanjang pantai utara Jalur Gaza, mengatakan ia terpaksa melarikan diri bersama keluarganya dari kota Jaffa pada 1948 dalam apa yang disebut oleh orang Palestina sebagai Hari Nakba atau “malapetaka”.

“Saya datang ke sini hari ini untuk meminta hak saya kembali,” kata Dolah kepada Aljazeera.

“Saya ingin kembali ke Jaffa. Saya menjadi saksi ketika tanah kami dirampas, lalu diberikan kepada ‘Israel’ oleh Inggris (1917-1948), dan kemudian saya menyaksikan Nakba (bencana/malapetaka) itu pada 1948 dan mengalami buruknya di pengungsian.”

Hak Pengembalian

Puluhan ribu pria, wanita dan anak-anak pada Jumat, 40 Maret 2018, menuju tenda-tenda darurat yang didirikan, 700 meter dari perbatasan dengan wilayah jajahan “Israel”.

Para pengunjuk rasa berkumpul di berbagai titik perbatasan Gaza, yang meliputi wilayah timur Khan Younis, Rafah dan al-Breij, di seberang pagar yang dijaga ketat.

Dolah mengatakan, awalnya rasa optimisme meliputi atmosfer. Gadis-gadis muda mengenakan gaun bordir tradisional, sementara kaum perempuan lainnya menyanyikan lagu-lagu nasional Palestina dan menyiapkan makan siang untuk keluarga dan anak-anak mereka.

Para peserta melaksanakan shalat Jumat. Setelah itu, penyelenggara demonstrasi yang diberi nama “Kembalinya Besar di Bulan Maret” itu menegaskan bahwa gerakan ini tidak bersenjata.

Namun, tentara penjajah menghadapi unjuk rasa damai ini dengan peluru tajam, gas air mata dan peluru baja berlapis karet, sehingga membunuh sedikitnya 15 orang Palestina dan melukai lebih dari 1.400 lainnya.

“Mengapa kita terjebak di sini?”

Gagasan untuk “Great March of Return” itu mengemuka sekitar beberapa bulan yang lalu. Tujuan utamanya adalah agar para pengungsi (yang tanahnya dirampas) menunjukkan diri untuk mengambil kembali Hak mereka, berdasarkan Resolusi PBB nomor 194 yang disahkan pada Desember 1948.

Resolusi menyatakan bahwa pengungsi Palestina yang “ingin kembali ke rumah mereka harus diizinkan untuk melakukannya pada tanggal awal yang praktis”.

Ahmad Abu Artema, penyelenggara utama di balik kampanye itu, mengatakan ia muncul dengan gagasan tentang Bulan Maret ketika menyambangi perbatasan dengan wilayah yang dirampas penjajah “Israel”.

“Ketika saya melihat keindahan tanah kami yang dirampas, pohon-pohon dan sifat indah dari semua itu, saya bertanya-tanya: mengapa kita terjebak di kandang sini?” ungkapnya kepada Aljazeera.

Baca Juga

Abu Artema kemudian memposting pesan di halaman Facebook-nya dan menanyakan apakah mereka (warga Palestina) akan tertarik dengan aksi protes damai yang dilakukan di perbatasan.

Sebagian besar tanggapan memuji gagasan itu. Gagasan tersebut dengan cepat memperoleh daya tarik dan mendapatkan dukungan dari partai-partai politik Palestina di Jalur Gaza, termasuk Hamas, Jihad Islam, Fatah dan partai-partai kiri.

Asad Abu Sharekh, juru bicara kampanye, mengatakan kepada Aljazeera bahwa unjuk rasa itu dimaksudkan untuk mengirim pesan ke komunitas internasional agar secara aktif mendukung kembalinya hak-hak tanah warga Palestina.

“Komunitas internasional telah menyetujui banyak resolusi, dan sekarang saatnya untuk menyetujui hak-hak rakyat Palestina,” ujar Abu Sharekh.

“Para intelektual, akademisi, organisasi masyarakat sipil, pelajar dan wanita Palestina semuanya menyetujui konsep demonstrasi sebagai gerakan damai, serupa dengan gerakan Boycott, Divestment and Sanctions (BDS),” lanjutnya.

Jalannya jelas

Protes Jumat (30/3) memprakarsai hari pertama demonstrasi yang direncanakan digelar selama enam pekan di sepanjang perbatasan, menjelang peringatan 70 tahun sejak Nakba (Hari Malapetaka) pada 15 Mei.

Unjuk rasa itu juga direncanakan bertepatan dengan Hari Tanah. Pada 30 Maret 1976, enam warga Palestina yang tidak bersenjata dibunuh oleh tentara penjajah “Israel” saat mereka memprotes perampasan tanah-tanah Palestina yang sangat luas.

“Saya tinggal di apartemen sepanjang 70 meter bersama istri, anak-anak dan cucu-cucu saya dalam kemiskinan,” kata Abu Ezzat al-Burai, seorang pengunjuk rasa berusia 58 tahun yang tinggal di kamp pengungsi Bureij di Gaza tengah.

“Kami tidak punya masa depan. Masa depan kami di tanah asal kami, di Gaza.”

Jalur Gaza telah berada di bawah blokade “Israel”/Mesir baik darat, laut dan udara selama lebih dari satu dekade.

Sekitar 80 persen populasi di Jalur Gaza bergantung pada bantuan kemanusiaan, sementara kondisi di daerah kantong ini mengalami pemadaman listrik secara reguler dan pengangguran tingkat tinggi.

Oleh karenanya daerah kantong Palestina ini dijuluki sebagai penjara terbuka dan terbesar. Betapa tidak. Warga Palestina di Gaza membutuhkan izin tentara penjajah untuk keluar-masuk dari dan ke Jalur Gaza.

“Kami (mestinya) tidak perlu negosiasi atau bantuan dari PBB. Jalannya jelas. Kami ingin kembali dengan damai ke tanah kami tanpa pertumpahan darah, tank atau bom,” kata al-Burai.

“Hari ini aku menentukan jalan yang benar. Itu ada di sana,” katanya, menunjuk ke arah perbatasan dengan wilayah yang dirampas/diduduki “Israel”. (S)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga