Buku ‘Pertarungan Pemikiran Islam di Indonesia’ Raih IBF Award 2018

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Islamic Book Fair 2018 memberikan penghargaan (award) buku-buku terbaik pada tujuh kategori. Penghargaan ini diberikan secara rutin setiap tahun di ajang pameran tersebut.

Di antara buku yang meraih penghargaan Islamic Book Fair Award 2018 adalah karya sejarawan muda Dr Tiar Anwar Bachtiar berjudul “Pertarungan Pemikiran Islam di Indonesia”.

Buku yang diterbitkan oleh penerbit Pustaka Al-Kautsar tersebut meraih penghargaan sebagai karya tulis terbaik dalam kategori non fiksi dewasa.

Dr Tiar Anwar Bachtiar menerima IBF Award 2018. (Foto: AW/Salam-Online)

Buku yang berasal dari disertasi S-3 penulisnya di Universitas Indonesia (UI) itu berhasil menarik perhatian pembaca karena berisi sejarah pertarungan pemikiran antara intelektual dan Ulama Islam dengan kelompok liberal.

Dalam bukunya, Tiar yang juga aktif di Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) ini memaparkan sejarah pergulatan pemikiran dan kritik-kritik terhadap “Islam Liberal” dari zaman Prof Dr HM Rasjidi (Menteri Negara Urusan Islam pada Kabinet Sjahrir I, 14 November 1945-12 Maret 1946 dan Menteri Agama Kabinet Syahrir II, 12 Maret 1846-2 Oktober 1946) hingga Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS).

Tiar berhasil memotret pertarungan tersebut secara apik dan objektif, dengan paparan data dan analisa yang menarik. Pembaca diajak untuk memahami peta pertarungan tersebut dengan berbagai lika-likunya.

Baca Juga

Dalam keterangannya, panitia mengatakan buku-buku yang meraih penghargaan ini adalah hasil penilaian tim juri yang kapabel dan objektif. Tim juri tersebut adalah Dr Luthfi Fathullah, Ahmadun Yosi Herfanda, Dr Adian Husaini, Nina Muthmainnah Armando dan Rudy Farid Sagir.

Tiar Anwar Bachtiar berharap penghargaan yang ia terima bisa terus memacu semangat untuk berkarya lebih baik lagi.

Sementara itu, dalam sambutannya saat mendapat penghargaan sebagai Tokoh Perbukuan 2018, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) mengapresiasi para penerima award tersebut.

“Bagi saya, mereka adalah peoples with beautiful mind (orang-orang dengan pikiran yang Indah, red),” ujarnya.

Islamic Book Fair 2018 resmi dibuka Rabu (18/4) pagi dan akan berakhir pada Ahad (22/4). Pameran dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Panitia berharap IBF 2018 bisa meningkatkan budaya literasi bangsa ini. (AW/Salam-Online)

Baca Juga