Lembaga Turki di Gaza Sediakan Makanan Buka Puasa untuk 1.000 Keluarga

GAZA (SALAM-ONLINE): Badan Koordinasi dan Kerja Sama Turki (TIKA) yang beroperasi di Gaza telah mendistribusikan makanan untuk berbuka puasa kepada 1.000 keluarga di Jalur Gaza yang diblokade, kata pejabat TIKA, Jumat (18/5/2018).

Lembaga itu akan terus menyediakan makanan berbuka puasa di Gaza selama bulan Ramadhan, kata para pejabat.

Bantuan itu dibagikan kepada para pemilik rumah yang dibangun oleh TIKA sebelumnya dan untuk penduduk miskin di desa Hajar al-Dik di Jalur Gaza tenggara.

TIKA telah membangun 320 rumah bagi warga Gaza yang mengalami serangan militer penjajah “Israel” pada 2014, yang menyebabkan lebih dari 2.300 warga Palestina—kebanyakan warga sipil—terbunuh.

Tahun 2017 lalu, rumah yang telah selesai secara resmi diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Gaza.

Menurut lembaga statistik resmi Palestina, tingkat kemiskinan di Gaza mencapai 53 persen pada 2017, dengan, setidaknya 250.000 orang dari penduduk yang berjumlah dua juta jiwa menganggur.

Blokade “Israel” yang sedang berlangsung, yang diberlakukan sejak 2006, menjadi alasan utama stagnasi ekonomi di Gaza.

Ramadhan tahun ini datang di tengah ketegangan yang meningkat di wilayah Palestina.

Pada Senin (14/5) lalu, setidaknya 62 demonstran Palestina gugur menjadi “martir” dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan pasukan penjajah di dekat perbatasan Jalur Gaza. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga