Sekjen PBB: Saya Sangat Khawatir dengan Apa yang Terjadi Hari Ini di Gaza

Sekjen PBB Antonio Guterres

SALAM-ONLINE: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres, pada Senin (14/5/2018) menyatakan keprihatinannya terhadap banyaknya jumlah warga Palestina yang gugur di Gaza.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Kanselir Austria Sebastian Kurz setelah pertemuan di Wina, Guterres mengaku khawatir dengan apa yang saat ini terjadi di Gaza.

“Saya sangat khawatir dengan apa yang terjadi hari ini di Gaza, (karena) sudah dalam jumlah yang besar, warga (Palestina) terbunuh,” kata Guterres seperti dikutip kantor berita Anadolu Agency, Senin (14/5).

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, dalam demonstrasi anti-pendudukan/penjajahan di sepanjang perbatasan timur Jalur Gaza, setidaknya 55 orang Palestina dilaporkan gugur syahid, insya Allah, karena tembakan tentara “Israel” pada Senin (14/5). Sementara ribuan lainnya terluka.

“Korban tewas saat ini mencapai 55 orang dan lebih dari 2.770 lainnya terluka,” kata juru bicara Kementerian Palestina Ashraf Al-Qidra, Senin (14/5).

Dilaporkan pula bahwa ada satu anak meregang nyawa saat demonstrasi digelar.

Ribuan warga Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza sejak Senin (14/5) pagi kemarin untuk mengambil bagian dalam unjuk rasa menolak pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem sekaligus memperingati peristiwa Nakba (Hari Bencana) yang ke-70—hari dirampasnya lahan dan rumah warga Palestina, diusirnya lebih dari 750 orang Palesyina dan didirikannya “negara Israel” secara tidak sah. (MNM/Salam-Online)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga