Bersama Lembaga Kemanusiaan Negaranya, Menkeu Turki Kunjungi Palu

Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak, Rabu (10/10/2018) mengunjungi Palu. Nampak Albayrak membagikan bantuan untuk para korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Anadolu Agency)

PALU (SALAM-ONLINE): Menteri Keuangan (Menkeu) Turki, Berat Albayrak, Rabu (10/10/2018) mengunjungi Kota Palu di Indonesia yang dilanda gempa bumi dan tsunami.

Albayrak, yang berada di Indonesia untuk menghadiri pertemuan G20, mengunjungi daerah yang terkena bencana bersama perwakilan dari Bulan Sabit Merah Turki dan otoritas Urusan Gawat Darurat dan Bencana Turki (AFAD).

Kepada kantor berita Anadolu dia mengatakan bahwa pihaknya percaya Indonesia dan rakyatnya akan keluar dari krisis ini, bahkan menjadi lebih kuat.

“Kami juga di sini untuk menunjukkan solidaritas kami secara material dan spiritual. Turki juga bersama mereka dalam doa,” kata Albayrak seperti dikutip Anadolu Agency, Rabu (10/10).

Dalam kesempatan itu Bulan Sabit Merah Turki juga membagikan paket-paket kebutuhan dasar kepada para korban gempa dan tsunami.

Albayrak mencatat bahwa Turki memiliki sejarah membantu orang dalam bencana tanpa memandang bahasa, agama atau ras.

Baca Juga

“Negara kami adalah salah satu negara pertama yang memberikan bantuan kepada Indonesia. AFAD, Bulan Sabit Merah Turki, IHH dan semua organisasi bantuan kemanusiaan kami tiba di sini dengan cepat. Indonesia dan Turki adalah negara sahabat ,” terangnya.

Albayrak adalah perwakilan asing pertama yang mengunjungi Indonesia setelah bencana.

Pada 28 September 2018 lalu, gempa berkekuatan 7,4 SR melanda Pulau Sulawesi. Gempa itu memicu tsunami di kota-kota Donggala dan Palu hingga setinggi hingga 3 meter.

Jumlah korban meninggal saat berita ini dibuat telah mencapai 2.045 orang. (*)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga