Erdogan: Kelompok Teror YPG/PKK Sama Bahayanya dengan ISIS

“Turki tidak memiliki masalah dengan warga Kurdi. Tetapi masalahnya adalah dengan organisasi teroris,” kata Presiden Erdogan.

Presiden Recep Tayyip Erdogan

ANKARA (SALAM-ONLINE): Presiden Recep Tayyip Erdogan mendesak dunia untuk memahami bahwa kelompok teror YPG/PKK yang berideologi Marxis sama berbahayanya dengan ISIS (Daesh).

“Untuk demokrasi, supremasi hukum dan hak asasi manusia, saya mengundang seluruh dunia untuk melihat, menerima dan mengambil posisi. YPG/PKK sama berbahayanya dengan organisasi teroris seperti Daesh,” kata Erdogan di Ankara, Kamis (24/10/2019), sebagaimana dilansir kantor berita Anadolu.

Dia menegaskan, Turki tidak memiliki masalah dengan warga dari etnis Kurdi. Tetapi masalahnya adalah dengan organisasi teror seperti PKK dan cabangnya di Suriah (PYD/YPG/SDF).

Erdogan juga menyebutkan bahwa zona aman di Suriah utara akan memudahkan hampir 2 juta pengungsi Suriah untuk kembali ke rumah mereka.

Pada 9 Oktober, Turki meluncurkan Operasi Mata Air Perdamaian (Operation Peace Spring). Tujuannya untuk membersihkan teroris dari Suriah utara di sebelah timur Sungai Eufrat. Selain itu, operasi damai itu dilakukan untuk mengamankan perbatasan Turki, membantu pemulangan para pengungsi Suriah dengan aman dan memastikan integritas wilayah Suriah.

Pada Selasa (22/10), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan mitranya dari Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan di kota resor Sochi di Laut Hitam Rusia.

Dalam pertemuan itu Ankara dan Moskow mencapai kesepakatan. Kesepakatannya adalah, para teroris YPG/PKK harus mundur 30 kilometer (18,6 mil) selatan perbatasan Turki dengan Suriah utara dalam waktu 150 jam. Selanjutnya, pasukan Turki dan Rusia akan melakukan patroli bersama di wilayah tersebut.

Seperti diketahui, lebih dari 30 tahun aksi terornya melawan Turki, PKK—yang oleh Turki, AS dan Uni Eropa dimasukkan dalam daftar sebagai organisasi teroris—dinyatakan bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi. YPG adalah sayap PKK di Suriah yang didukung AS. (mus/salam)

Sumber: Anadolu

Baca Juga
awefawef95658
%d bloggers like this: