PBB Resmi Desak Zionis Penjajah Tinggalkan Dataran Tinggi Golan Suriah

Perdana Menteri Penjajah Benjamin Netanyahu (tengah) menunjukkan pengakuan kedaulatan Zionis yang ditandatangani oleh Presiden AS Donald Trump atas Dataran Tinggi Golan Suriah dalam pertemuan kabinet mingguan yang digelar penjajah Zionis di Yerusalem pada 14 April 2019 (Foto: RONEN ZVULUN/AFP)

SALAM-ONLINE: Majelis Umum PBB pada Rabu (4/12/2019) secara resmi mendesak Zionis penjajah untuk meninggalkan Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki, Middle East Monitor (MEMO) melaporkan Kamis (5/12).

Desakan itu dibuat setelah resolusi dikeluarkan oleh 91 negara anggota PBB yang memberikan suara mendukung, 9 menolak dan 65 abstain.

Resolusi itu menetapkan bahwa penjajah Zionis harus meninggalkan Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki pada Juni 1967. Ditegaskan, desakan ini adalah implementasi dari Resolusi Dewan Keamanan PBB sebelumnya.

Mengenai keputusan Zionis penjajah untuk mencaplok Dataran Tinggi Golan yang dibuat pada 4 Desember 1981, PBB mengatakan hal ini “batal demi hukum”.

Pada 15 November 2018, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi yang meminta Zionis untuk berhenti mengeksploitasi sumber daya alam di wilayah Palestina, termasuk Yerusalem Timur yang diduduki dan Dataran Tinggi Golan Suriah.

Pada Maret 2019 lalu AS mengumumkan bahwa sudah waktunya untuk mendukung kedaulatan Zionis penjajah atas Dataran Tinggi Golan. (mus/salam)

Sumber: MEMO

Baca Juga
awefawef96278
%d bloggers like this: