Korban Tewas di Cina Akibat Virus Corona Meningkat Jadi 41 Orang

Komisi Kesehatan Nasional di Cina mengonfirmasi 1.287 kasus pneumonia yang disebabkan oleh wabah baru Virus Corona, demikian laporan media setempat.

SALAM-ONLINE: Korban tewas di Cina akibat wabah baru Virus Corona telah meningkat menjadi 41 orang, media lokal melaporkan pada Sabtu (25/1/20).

“Radang paru-paru itu telah mengakibatkan 41 kematian, termasuk 39 orang di Provinsi Hubei, Cina tengah, satu di Provinsi Hebei, Cina utara, dan satu lagi di Provinsi Heilongjiang, Cina timur laut,” lapor kantor berita Xinhua, mengutip Komisi Kesehatan Nasional Cina.

Menurut komisi itu, ada total 1.287 kasus pneumonia yang dikonfirmasi. Wabah itu disebabkan oleh Virus Corona (2019-nCoV), termasuk 237 orang dalam kondisi kritis.

Gejala-gejala virus misterius yang menyerupai pneumonia (infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit) itu membuat publik Cina marah besar saat negara  komunis tersebut bersiap untuk mengadakan perayaan Tahun Baru Imlek pada Sabtu (25/1).

“Sebanyak 1.965 kasus yang diduga juga telah dilaporkan,” kata Xinhua, seraya menambahkan total 38 orang telah dikeluarkan dari rumah sakit.

Baca Juga

“Selama 24 jam sejak Jumat, 444 kasus baru yang dikonfirmasi dan 1.118 kasus baru yang dicurigai dilaporkan. Sementara 16 orang meninggal karena penyakit ini,” terang komisi tersebut.

Komisi itu mengatakan total 15.197 orang yang melakukan kontak dari jarak dekat telah dilacak, 13.967 di antaranya berada di bawah pengawasan medis dan 1.230 lainnya dipulangkan.

“Selain itu, sepuluh kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan di Hong Kong dan Macao, wilayah administrasi khusus, dan Taiwan. Ada lima kasus di Hong Kong, dua di Macao dan tiga di Taiwan,” lapor Xinhua.

Virus ini berasal dari kota Wuhan—ibu kota Hubei—dan kini telah menyebar di 29 provinsi di negara itu. Lebih dari 10 kasus dilaporkan di Jepang, Korea Selatan, Thailand, AS, Singapura, Prancis dan Vietnam. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga