Karena Corona, Saudi Juga Larang Sementara Warganya untuk Umrah

Riyadh sebelumnya menghentikan sementara masuknya para jamaah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia, untuk melaksanakan ibadah Umrah karena mewabahnya Virus Corona.

SALAM-ONLINE: Arab Saudi pada Rabu (4/3/20) juga memberlakukan larangan sementara terhadap warganya untuk melakukan ibadah Umrah karena khawatir akan Virus Corona, kantor berita resmi SPA melaporkan, sebagaimana dikutip kantor berita Anadolu, Rabu (4/3).

“Keputusan akan ditinjau terus menerus dan akan dipertimbangkan (untuk diperbolehkan kembali) jika penyebabnya hilang,” kata SPA, mengutip sumber pejabat senior Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Pada 27 Februari 2020 lalu, Arab Saudi menangguhkan masuknya para jamaah yang ingin melaksanakan ibadah Umrah karena kekhawatiran mewabahnya Virus Corona.

Penangguhan ini juga berlaku bagi mereka yang ingin mengunjungi Masjid Nabawi di kota Madinah.

Ibadah Umrah dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, kecuali di bulan Haji (Zulhijjah).

Pertama kali terdeteksi di Wuhan, Cina pada Desember 2019, Virus Corona yang dikenal sebagai COVID-19 telah menyebar setidaknya ke 73 negara.

Korban tewas sementara secara global dari virus ini mencapai lebih dari 3.000 orang. Kematian terbanyak sementara berasal dari negara sumber virus tersebut, yaitu Cina, hampir 3.000 orang. Secara global, lebih dari 89.000 orang dilaporkan telah terinfeksi.

Setelah menyatakan virus sebagai wabah darurat kesehatan internasional, pekan lalu lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menaikkan tingkat risiko penularan global dari “tinggi” menjadi “sangat tinggi”.

Sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengatasi wabah, banyak pemerintahan yang menutup perbatasan negara mereka. Mereka juga menangguhkan perjalanan darat dan udara dengan negara-negara yang paling parah terkena dampak seperti Cina dan Italia. (mus)

Baca Juga
awefawef97737
%d bloggers like this: