WHO Puji Turki sebagai Negara yang Patut Dicontoh dalam Memerangi Corona

WHO memuji Turki sebagai ‘negara teladan’ dalam perjuangannya melawan Covid-19.

SALAM-ONLINE: Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji upaya Turki dalam memerangi pandemik Virus Corona.

“Turki adalah negara yang patut dicontoh karena kapasitas diagnostik dan upaya luar biasanya dalam pelayanan (medis) untuk memerangi Covid-19,” kata perwakilan WHO untuk Turki, Pavel Ursu, di akun Twitternya, Kamis (9/4/20), yang dikutip kantor berita Anadolu, Jumat (10/4).

Pada 11 Maret lalu, Turki menjadi negara besar terakhir yang melaporkan kasus Virus Corona. Pemerintah Turki mengonfirmasi kematian pertama di negara itu terkait penyakit menular tersebut pada 17 Maret lalu atas seorang pria berusia 89 tahun.

Sejak itu, pihak berwenang Turki memperketat pembatasan dalam gerak aktivitas masyarakat demi membendung penyebaran virus, termasuk menghentikan kegiatan bisnis, pusat perbelanjaan dan perjalanan antar kota.

“Turki juga menjalankan proses ini secara transparan dengan berbagi data kasus dan kematian yang akurat secara elektronik,” tulis Ursu.

Berita Terkait

Pada Kamis (9/4), 908 orang telah meninggal karena virus. Sementara 42.282 orang telah terinfeksi, menurut Menteri Kesehatan Fahrettin Koca, yang melaporkan perkembangan data setiap hari.

“Dari total mereka yang dirawat, lebih dari 2.100 dinyatakan sembuh dan sudah keluar dari rumah sakit,” kata Koca.

Virus yang dimulai dari Wuhan, Cina, pada Desember 2019 lalu itu merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona. Virus ini telah menyebar ke setidaknya 185 negara dan wilayah di seluruh dunia yang pusatnya bergeser ke Eropa.

Pandemik ini telah menewaskan lebih dari 95.000 orang dan menginfeksi hampir 1,6 juta. Sementara lebih dari 354.000 orang telah dinyatakan sembuh, demikian menurut angka yang dihimpun oleh Johns Hopkins University di AS. (mus)

Sumber: Anadolu

awefawef98122
%d bloggers like this: