Tentara Turki Shalat Idul Fitri Bersama Warga Suriah di Idlib

SALAM-ONLINE: Sejumlah Tentara Turki melaksanakan shalat Idul Fitri di salah satu kawasan di Idlib, Suriah. Persisnya di daerah Jabal Zawiya, Idlib. Para anggota pasukan militer Turki ini bersama warga setempat menghidupkan shalat Idul Fitri pada Ahad, 1 Syawal 1441 H (24 Mei 2020 M) pagi.

Nampak dalam video di atas usai shalat Id, sejumlah tentara Turki bersalaman dengan jamaah lainnya, saudara-saudara mereka di Jabal Zawiya, Idlib, Suriah.

Seperti diketahui, militer Turki memasuki provinsi Idlib, Suriah, yang langsung berbatasan dengan negara pimpina Presiden Recep Tayyip Erdogan tersebut setelah rezim Suriah yang didukung Rusia dan Iran terus-terusan melanggar gencatan senjata dan kesepakatan tidak menyerang zona de-eskalasi (wilayah yang dilarang melancarkan serangan).

Militer Turki memasuki Idlib dengan tujuan melindungi rakyat Suriah di provinsi itu, khususnya warga sipil, yang terus digempur secara masif oleh rezim dan sekutunya, Rusia dan milisi Syiah dukungan Iran. Warga Suriah di Idlib pun menyambut dengan suka cita atas masuknya militer Turki. Sebelumnya, beberapa kali warga Suriah berunjuk rasa meminta Presiden Erdogan mengirim pasukan Turki ke Idlib, Suriah.

Di Turki sendiri, hampir 4 juta warga Suriah mengungsi. Khususnya di provinsi yang berbatasan dengan Turki, banyak warga Suriah yang mengungsi dan mendapat perlindungan dari pemerintahan Erdogan.

Baca Juga

“Sementara tentara Asad membantai kami, pada saat yang sama, tentara Turki ‘melindungi’ kami di Idlib. Mereka mencium tangan para sesepuh dan pemimpin kami. Semoga Allah memberikan barokahnya kepada kalian,” kata seorang netizen, warga Suriah, yang dikutip dalam bahasa Turki dari akun Twitter @NurveEla1.

(S)

Sumber: Youtube, Twitter

awefawef98826