Trump: AS Putuskan Hubungan dengan WHO

Presiden AS Donald Trump mengatakan WHO telah gagal untuk melakukan reformasi yang diminta di tubuh lembaga kesehatan dunia itu setelah dinyatakan salah dalam menangani pandemi Covid-19.

Donald Trump

SALAM-ONLINE: Presiden Donald Trump mengumumkan pada Jumat (29/5/20) bahwa Amerika Serikat (AS) mengakhiri hubungannya dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Keputusan itu diambil, kata Trump, setelah pihaknya melakukan evaluasi selama berbulan-bulan.

Trump mengatakan dia mengambil langkah itu karena menilai WHO gagal mereformasi lembaga kesehatan dunia tersebut. Selain itu, Trump menuduh WHO tak becus untuk meminta pertanggungjawaban Beijing terkait pandemik Virus Corona. WHO juga dinilai salah dalam menangani wabah Corona.

“Kami hari ini akan mengakhiri hubungan kami dengan Organisasi Kesehatan Dunia, dan mengalihkan dana itu ke badan-badan lainnya di seluruh dunia yang layak dan mendesak untuk mendapatkan bantuan kesehatan masyarakat global lainnya,” kata Trump di Gedung Putih.

Trump bersikeras menyatakan bahwa Cina memiliki “kendali penuh” atas WHO. Dia menuduh Cina mengabaikan kewajiban pelaporan mereka kepada badan kesehatan dunia itu terkait pandemi Virus Corona. Cina juga dianggap “menyesatkan dunia” dalam hal pandemi wabah Corona.

Virus Corona telah menyebar ke lebih dari 188 negara dan wilayah sejak pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, Cina, pada Desember 2019, demikian menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins di AS. Sementara ini secara global lebih dari 6 juta orang telah terinfeksi dan sekitar 366.000 di antaranya telah meninggal.

Baca Juga

AS saat ini tercatat yang tertinggi dalam jumlah kasus Corona dan tingkat kematian di antara negara-negara lainnya. Data Worldometers mencatat, AS memiliki hampir 1,8 juta kasus Covid-19 dengan lebih dari 104.000 orang yang meninggal.

AS telah berulang kali menuduh Cina menyesatkan dunia berkaitan dengan tingkat keparahan virus pada hari-hari awal pandemi, dengan mengatakan hal itu memperburuk keadaan.

Trump memerintahkan penghentian pendanaan AS untuk WHO pada April lalu karena wabah Covid-19 di AS terus memburuk, sehingga negara Paman Sam itu menghentikan aktivitas ekonomi.

AS “merinci” reformasi yang harus dilakukan WHO sebagai syarat untuk terus menerima dana dari AS yang berjumlah sekitar $ 450 juta per tahun. Tetapi, Trump mengatakan, “Mereka (WHO) telah menolak untuk melakukan (reformasi).”

Menurut Trump, penyembunyian virus Wuhan oleh Cina membuat penyakit ini menyebar ke seluruh dunia. “Dunia membutuhkan jawaban dari Cina tentang virus tersebut. Kita harus memiliki transparansi,” katanya. (mus)

Sumber: BBC, Anadolu

awefawef98886