Orang Palestina Pertama Tahanan Zionis Penjajah Wafat dalam Usia 85 Tahun

SALAM-ONLINE.COM: Orang Palestina pertama yang memasuki penjara Zionis penjajah meninggal pada usia 85 tahun pada Senin (22/3/2021), setengah abad setelah pembebasannya.

Komite Urusan Tahanan Palestina dan Masyarakat Tahanan Palestina mengeluarkan pesan belasungkawa bersama untuk Mahmoud Bekir Hejazi.

“Hejazi, simbol pengorbanan, meninggalkan perjuangan penting dan warisan nasional,” demikian Komite Urusan Tahanan Palestina dan Masyarakat Tahanan Palestina dalam pernyataannya.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga menyatakan duka citanya untuk Hejazi, kantor berita resmi Palestina WAFA yang dikutip Kantor Berita Anadolu, Selasa (23/3), melaporkan.

Hejazi dimakamkan pada Selasa (23/3) dengan upacara militer, yang juga akan dihadiri Abbas.

Orang Palestina pertama yang masuk penjara penjajah

Baca Juga

Hejazi, yang lahir pada tahun 1936 di Yerusalem, ditangkap oleh pasukan Zionis setelah penjajah itu menggelar operasi di Kota Beit Jibrin yang diduduki pada Januari 1965.

Orang Palestina pertama yang masuk penjara penjajah itu dijatuhi hukuman mati. Tetapi eksekusi urung dilakukan karena protes keras dari komunitas internasional.

Dibebaskan oleh kesepakatan pertukaran tahanan pada 1971 antara Gerakan Fatah dan penjajah, Hejazi tinggal di Lebanon hingga 1994 sebelum kembali ke Ramallah, Tepi Barat.

Lebih dari satu juta warga Palestina telah dijebloskan ke penjara penjajah Zionis sejak 1965, demikian menurut angka dari Masyarakat Tahanan Palestina. (mus)

Baca Juga
awefawef103106