Di Bawah Todongan Senjata, 150.000 Warga Palestina Shalat Jumat di Masjid Al-Aqsha

SALAM-ONLINE.COM: Lebih dari 150.000 warga Palestina, sebagian besar dari Al-Quds (Yerusalem), Tepi Barat yang diduduki dan wilayah jajahan Zionis lainnya, melaksanakan shalat Jumat ketiga Ramadhan di Masjid Al-Aqsha, 22 April 2022, demikian Otoritas Badan Wakaf Islam yang mengelola situs tersuci ketiga umat Islam tersebut melaporkan.

Pelaksanaan shalat Jumat yang diikuti ratusan ribu jamaah itu berlangsung di tengah pembatasan dan todongan senjata polisi penjajah, termasuk penutupan banyak jalan menuju Kota Tua Yerusalem itu, sehingga memaksa jamaah menggunakan rute yang lebih lama untuk mencapai tempat suci tersebut.

Tentara pendudukan Zionis juga mengerahkan banyak pasukan di gerbang menuju Masjid Al-Aqsha, memeriksa identitas jamaah dan melakukan penggeledahan tubuh.

Kantor Berita Wafa News Agency yang dikutip Middle East Monitor (MEMO), Sabtu (23/4), melaporkan bahwa polisi penjajah memperketat keamanan di sekitar tempat suci, namun, shalat Jumat berlangsung dengan damai.

Baca Juga

Sementara ribuan warga Palestina melaksanakan shalat Jumat di pos pemeriksaan penjajah yang mengarah ke Yerusalem dari Tepi Barat, setelah mereka dilarang memasuki kota suci itu.

Sebelum shalat Jumat, puluhan jamaah di dalam Masjid Al-Aqsha terluka akibat serangan pasukan penjajah di tempat suci tersebut.

Serangan itu adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan harian yang dimulai sejak 15 April, ketika pasukan penjajah menggunakan kekuatan secara brutal terhadap jamaah Muslim. Tindakan biadab polisi penjajah ini adalah untuk mengamankan tempat suci demi memberi jalan bagi kaum radikal Yahudi yang akan merayakan Paskah. (S)

Baca Juga