Jaksa Palestina: Penembak Jitu Zionis Sengaja Bunuh Jurnalis Shireen Abu Aqleh

Shireen Abu Aqleh

SALAM-ONLINE.COM: Berdasarkan investigasi dan laporan Jaksa Agung Palestina, Jurnalis senior Shireen Abu Aqleh sengaja dibunuh oleh tentara zionis.

“Jurnalis Palestina itu tewas akibat proyektil penusuk lapis baja yang ditembakkan langsung ke kepalanya oleh penembak jitu zionis penjajah,” kata Jaksa Agung Palestina Akram Al-Khatib, Kamis (26/5/2022), Anadolu News Agency melansir Jumat (27/5).

Al-Khatib membagikan rincian berdasarkan laporan Jaksa Penuntut Umum tentang pembunuhan jurnalis Al Jazeera itu pada konferensi pers di kota Ramallah.

“Seorang penembak jitu zionis (penjajah) langsung menembakkan peluru ke kepala Shireen Abu Aqleh ketika dia mencoba bergerak lari, meskipun dia mengenakan helm dan rompi yang ditandai dengan jelas bertuliskan ‘Pers’,” ujar Al-Khatib.

“Satu-satunya sumber tembakan di sekitar tempat itu berasal dari pasukan penjajah (zionis) dengan niat (sengaja) untuk membunuh,” papar Al-Khatib, demikian dikutip Reuters.

“Ini merupakan kejahatan perang,” dia menegaskan.

Baca Juga

Al-Khatib mencatat bahwa tentara zionis juga sengaja mengarahkan sasaran tembakan ke jurnalis lain yang menemani Shireen Abu Aqleh.

Dia mengungkapkan peluru yang membunuh jurnalis perempuan berusia 51 tahun itu memiliki tanda umum dan khusus yang cocok dengan senjata sniper semi-otomatis Mini Ruger.

Sementara itu, Al Jazeera mengumumkan akan membawa kasus pembunuhan Shireen Abu Aqleh ke International Criminal Court (ICC)—Mahkamah Kriminal Internasional.

Al Jazeera bersumpah untuk mencari jalan agar Shireen mendapatkan keadilan. Al Jazeera juga memastikan mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu diseret ke pengadilan dan dimintai pertanggungjawaban di semua peradilan internasional serta platform hukum dan pengadilan,” demikian ditegaskan di situs web Al Jazeera.

Seperti diketahui, pada 11 Mei lalu Shireen Abu Aqleh ditembak mati oleh tentara zionis saat meliput serangan militer penjajah itu  di dekat kamp pengungsi Jenin, Tepi Barat yang diduduki/dijajah. Tembakan itu mengenai kepala Shireen.

Meski zionis penjajah membantah, namun dari kesaksian menunjukkan tentara zionis sengaja mengarahkan tembakan tersebut kepada para wartawan yang sedang meliput serangan pasukan penjajah tersebut. Al Jazeera merilis bahwa jurnalisnya itu dibunuh oleh pasukan zionis. (mus)

Baca Juga