Rusia Lancarkan Serangan Udara ke Idlib, 9 Warga Sipil Suriah Meregang Nyawa

SALAM-ONLINE.COM: Setidaknya sembilan warga sipil Suriah meregang nyawa dan lebih dari 35 orang terluka setelah pesawat tempur Rusia melancarkan serangkaian serangan udara di provinsi Idlib, barat laut Suriah.

Serangan tersebut termasuk di antaranya menyasar sebuah pasar induk sayuran yang ramai pengunjungnya di kota Jisr al-Shughur, Ahad (25/6/2023). Dua pesawat Su-24 Rusia menyerang kota Idlib lima kali. Kemudian menggempur desa Benin di Jabal Zawiyah dan daerah Jabal al-Arbeen dengan serangan yang beruntun. Sementara SU-34 Rusia menghantam pasar di Jisr al-Shugur, pesawat tempur ini juga menyasar area di Jabal Akrad.

“Saat kami bekerja di pasar sayuran hari ini, kami terkejut oleh serangan udara yang menargetkan pasar di mana kami berada, mengubah tempat ini menjadi kolam darah yang penuh korban,” kata seorang pedagang sayuran di pasar tersebut.

Rezim Suriah di bawah Basyar Asad dan Rusia mulai meningkatkan serangan mereka dalam beberapa hari terakhir. Aksi biadab ini menimbulkan ketakutan warga sipil yang sedang mempersiapkan diri mereka untuk merayakan Idul Adha yang tinggal hitungan hari.

Baca Juga

Pasar sayuran di Jisr al-Shughur dianggap sebagai pasar induk bagi petani di area tersebut dan sekitarnya. Para petani menjual hasil panen mereka setiap hari di pasar ini.

“Gambaran teman-teman saya yang biasa saya temui setiap hari di pasar ini terus menghantui pikiran saya, karena beberapa dari mereka telah menghembuskan nafas terakhirnya akibat serangan yang mengerikan kemarin, sementara yang lain kehilangan anggota tubuh mereka,” ujar seorang penjualnya sayur di pasar tersebut, Ahad (25/6).

Sejak pasukan Turki memasuki wilayah tersebut pada 2020, rakyat Suriah merasakan ketenangan. Namun serangan ini telah mengguncang keadaan tenang wilayah barat laut Suriah yang dikuasai oleh kelompok pejuang revolusi ini. (Shakirullah)

Baca Juga