Samad: ‘Kalau tak Ada Halangan Besok Surat Perintah Penahanan (Irjen Pol Djoko Susilo) Ditandatangani’

Ketua KPK Abraham Samad

JAKARTA (salam-online.com): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap tersangka kasus korupsi simulator SIM di Korlantas Mabes Polri, Irjen Djoko Susilo, Jumat besok (5/10/2012).

Ketua KPK Abraham Samad memastikan jenderal bintang dua itu akan langsung ditahan.

“Kalau tidak ada halangan, besok saya tidak akan beranjak dari tempat duduk saya di lantai tiga. Saya  menunggu kedatangan penyidik dari lantai tujuh untuk menyerahkan surat perintah penahanan (untuk Djoko Susilo) untuk segera ditandatangai secara sah,” kata Abraham Samad di kantornya, Kamis (4/10/2012).

Baca Juga

Djoko Susilo sendiri seharusnya menjalani pemeriksaan perdananya pada Jumat (28/9/2012) pekan lalu. Tapi, dia menolak hadir pada pemeriksaan itu. Tim pengacaranya yang hadir ke KPK mengatakan Jenderal Susilo baru mau diperiksa apabila sudah ada fatwa dari Mahkamah Agung mengenai keputusan penanganan kasus itu, apakah oleh KPK atau Mabes Polri.

Djoko Susilo ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menyalahgunakan kewenangan hingga merugikan negara dalam proyek simulator ujian surat izin mengemudi. Selain mantan Kepala Korps Lalulintas itu, KPK juga menetapkan tersangka mantan wakil Djoko, yakni Brigadir Jenderal Didik Purnomo. (rmol.com/salam-online.com)

Baca Juga