Bashar Asad Minta Suaka Politik ke Venezuela

Suriah-bashar-al-asad minta suaka politik-jpeg.image
Bashar Asad

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Presiden Suriah Bashar al-Asad dikabarkan meminta suaka politik ke Venezuela. Asad juga melobi Venezuela agar memberikan perlindungan untuk keluarganya.

Klaim mengenai proposal suaka politik Asad diutarakan oleh Kedutaan Besar Turki di Caracas, Venezuela.

Kementerian Luar Negeri Venezuela juga sudah memberitahu para diplomat Turki bahwa pengiriman surat permohonan suaka yang diajukan Asad ke Presiden Hugo Chavez adalah benar.

Seperti diberitakan Suratkabar Aksam, Jumat (28/12/2012), sejumlah diplomat Turki di Caracas mengunjungi kantor Kementerian Luar Negeri Venezuela untuk menyelidiki surat Asad.

Venezuela pun langsung mengonfirmasi surat permohonan suaka, namun Pemerintah Venezuela tidak menjelaskan hal-hal detil di balik proposal suaka Asad itu.

Baca Juga

Pada awal Desember, Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Al-Mokdad juga tampak aktif mengunjungi beberapa negara Amerika Latin termasuk Venezuela.

Mokdad turut mendapatkan penghargaan karena mempertahankan rezim Asad yang berperang melawan oposisi.

Sejauh ini, Asad tidak memiliki banyak mitra di dunia, namun Venezuela menjadi salah satu negara yang terang-terangan mendukung Asad.

Rusia yang selama ini dipandang  mitra Suriah, tidak pernah mengatakan bahwa mereka setuju memberikan suaka politik ke Asad.

Selain mendukung Asad secara terang-terangan, Venezuela juga pernah mengirim tiga paket minyak ke Pemerintah Suriah karena Suriah masih dikenakan sanksi dari Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa. Chavez pun menyebut Asad sebagai saudaranya sendiri. (okezone)
salam-online

Baca Juga