Ekstremis Anti Islam di Norwegia Ancam Bakar Semua Masjid

Norwegia-central-jam-e-mosque-in-oslo-norway-jpeg.image
Masjid Jami di Oslo, Norwegia (ilustrasi)

OSLO (SALAM-ONLINE): Komunitas Muslim di Norwegia resah dengan ancaman kelompok ekstremis yang menyatakan akan membakar semua masjid di negeri itu.

Sekjen Dewan Islam Norwegia Mehtab Afsar mengakui ada ketakutan di kalangan komunitas Muslim yang khawatir ancaman itu serius.

Kampanye anti-masjid dilakukan oleh sebuah kelompok tanpa nama, dengan mengirimkan surat elektronik pada organisasi World Islamic Mission Mosque. Dalam suratnya, kelompok tersebut mengancam akan membakar semua masjid yang ada di seluruh Norwegia.

“Sebelum tahun 2013 berakhir, semua masjid di Norwegia akan dibakar. Kami adalah kelompok yang sudah merencanakan ini selama tujuh tahun,” demikian isi surat elektronik kelompok anonim tersebut.

Setelah itu terjadi sejumlah serangan ke masjid-masjid di Norwegia. Pekan kemarin, jamaah Muslim menemukan kepala babi diletakkan di depan Masjid Sentral Ahlul Sunnah di Oslo.

Baca Juga

Sebelumnya, sebuah spanduk besar berbentuk sosis dipasang di luar masjid di Fredrikstad menjelang pelaksanaan shalat Jumat. Di spanduk itu terdapat tulisan yang melecehkan Muslim.

“Banyak yang marah, saya juga marah melihatnya. Saya tidak akan pernah melakukan hal semacam itu ketika orang sedang menunaikan ibadahnya. Mereka sudah menghina agama lain,” kata seorang Muslim asal Somalia, Mohamed Hassan pada harian The Local.

Para pemuka Muslim di Norwegia mengecam ancaman yang disampaikan kelompok yang ingin membakar masjid itu. Menurut mereka, kelompok itu hanya sedang mencari perhatian.

“Saya kira ini tindakan segelintir orang tak waras yang ingin cari perhatian,” kata Ghulan Sarwar, ketua Jamaah Ahlul Sunnah di Norwegia.

Di negeri itu terdapat sekitar 150.000 Muslim dari 4,5 juta jumlah penduduknya. Kebanyakan Muslim Norwegia berasal dari Pakistan, Somalia, Irak dan Maroko. Mereka tergabung dalam 90 organisasi Muslim dan Islamic Center di negara di kawasan utara Eropa itu. (tajuk.co)

salam-online

Baca Juga