Shalat Jumat di Masjid Jami, Timnas Indonesia Disambut Hangat Muslim Myanmar

Pesepakbola timnas Indonesia Diego Michiels (kedua kanan) dan Yandi Sofyan Munawar (kanan) berjalan keluar seusai melaksanakan sholat jumat di Masjid Jamee, Lewe, Naypyitaw, Myanmar,
Pesepakbola timnas Indonesia Diego Michiels (kedua kanan, berpeci) dan Yandi Sofyan Munawar (kanan) berjalan keluar seusai melaksanakan shalat jumat di Masjid Jar May (Masjid Jami’), Lewe, Naypyitaw, Myanmar (antara)

NAYPYITAW (SALAM-ONLINE): Timnas Indonesia berbaur dengan komunitas Muslim Naypyitaw, Myanmar,  saat menjalankan ibadah Shalat Jumat di Masjid Jar May (Masjid Jami’) di wilayah Lae Way Naypyitaw, Jumat (20/12/2013).

Diego Michiels dan kawan-kawan meski baru pertama kali menginjakkan kaki di masjid yang dibangun sejak 1890 ini ternyata langsung mendapatkan sambutan hangat dari Muslim ibukota baru Myanmar itu.

“Assalamu’alaikum,” sapa sekelompok Muslim yang menunggu kedatangan Timnas Indonesia bersama atlet-atlet peserta SEA Games 2013.

Rombongan pemain timnas langsung menjawab sapaan muslim Naypyitaw dengan “Wa’alaikumsalam”. Sang tuan rumah pun langsung mengarahkan rombongan atlet ke dalam masjid yang berada di tengah perkampungan itu.

Bayu Gatra, Mokhamad Syaifudin, Diego Michiels, dan lainnya langsung masuk ke dalam masjid. Sebelum masuk, semua pemain Timnas Indonesia U-23 mendapatkan peci dari salah satu Muslim Naypyitaw.

Baca Juga

Meski berada di Naypyitaw, khutbah Jumat yang disampaikan oleh pemuka Islam asal Naypyitaw tetap menggunakan bahasa Arab.

Seusai shalat Jumat, salah satu pemain timnas Diego Michiels menjadi pusat perhatian masyarakat setempat. Bahkan ada beberapa masyarakat lokal yang memotret pesepakbola yang belum lama memeluk Islam ini saat minum kelapa muda yang berada di luar masjid.

esepakbola timnas Indonesia Ramdani Lestaluhu (kiri) dan Elgi Melgiansyah (kanan) berjalan keluar seusai melaksanakan sholat jumat di Masjid Jamee, Lewe, Naypyitaw, Myanmar
Pesepakbola timnas Indonesia Ramdani Lestaluhu (kiri) dan Elgi Melgiansyah (kanan) berjalan keluar seusai melaksanakan shalat jumat di Masjid Jar May (Masjid Jami’), Lewe, Naypyitaw, Myanmar (antara)

“Semoga semua pemain diberikan kesehatan sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata salah seorang pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansyah.

Setelah semuanya selesai, pemain timnas dan rombongan kembali ke hotel untuk istirahat. Sore harinya langsung menjalani latihan di lapangan Wunna Theikdi. (antara), salam-online

Baca Juga