Dua Pria Inggris Dituduh Lakukan Perjalanan ‘Terorisme’ ke Suriah

Suriah-warga Inggris yang berperang di Suriah-jpeg.image
Warga Inggris yang berperang di Suriah

LONDON (SALAM-ONLINE): Dua pria Inggris pada Jumat (17/1/2014) dituduh melakukan perjalanan ke Suriah untuk tujuan “terorisme”, sementara pria lainnya ditangkap karena dicurigai menghadiri sebuah kamp perlawanan atas rezim Basyar Asad di negara yang sedang dilanda perang itu.

Yusuf Sawar dan Mohammed Ahmed, keduanya berusia 21 tahun dan berasal dari Birmingham, Inggris, akan disidang di pengadilan London pada Sabtu (18/1) dengan “tuduhan merencanakan dan bepergian ke Suriah untuk tujuan terorisme”, kata Kepolisian West Midlands dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Petugas kepolisian menyatakan kasus tersebut tidak terkait dengan penangkapan pria Birmingham lain pada Jumat sore (17/1), setelah ia terbang ke bandara Gatwick London dari Istanbul.

Pemuda 21 tahun itu ditangkap karena dicurigai menghadiri pelatihan kamp pejuang anti rezim Asad di Suriah, kata polisi seperti dilansir kantor berita AFP.

Baca Juga

Polisi Inggris selama tiga tahun terakhir menangkap sejumlah orang yang telah melakukan perjalanan ke Suriah atas dasar kekhawatiran bahwa mereka berjuang dengan kelompok jihad.

Menteri Luar Negeri William Hague mengatakan pada Senin (13/1) bahwa ratusan orang Inggris diyakini telah pergi untuk berperang di Suriah melawan rezim Syiah Nushairiyah pimpinan Basyar Asad dan pasukan keamanan (Inggris, red) sedang melakukan langkah terbaik untuk memantau situasi.  (antara)

salam-online

Baca Juga