Milisi Kristen Afrika Tengah Bantai Puluhan Warga Muslim

Afrika Tengah-milisi kristen bantai muslim-jpeg.imageBANGUI (SALAM-ONLINE): Milisi Kristen Republik Afrika Tengah (CAR) membantai puluhan warga Muslim, termasuk anak-anak, ketika mereka mencoba menyelamatkan diri di negara yang tengah bergolak  itu, demikian sebuah lembaga kemanusiaan mengabarkan.

Serangan pada Jumat (17/1) itu menimpa iringan pengungsi Muslim menuju Bouar di wilayah barat laut negara tersebut, menyebabkan 50 orang lain cedera.

Berdasarkan laporan, pada Desember tahun lalu saja, lebih dari 1.000 orang meninggal. Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi mengatakan hampir satu juta orang telah mengungsi karena kekerasan negara itu.

“Itu menunjukkan keadaan masih berbahaya di Republik Afrika Tengah bahwa anak-anak dan keluarganya diserang dan dibunuh ketika akan mengungsi ke tempat aman,” kata Robert Lankenau dari lembaga Save The Children.

Baca Juga

Ia menambahkan sementara pasukan penjaga perdamaian dari Uni Afrika dan Prancis yang mencoba memulihkan stabilitas di negara tersebut “adalah nyata bahwa perlindungannya tidak menjangkau anak-anak di daerah terpencil”.

“Kami terus menerus meminta pada pasukan PBB untuk memeriksa kawasan yang paling terpencil, tempat kekerasan masih banyak terjadi dengan memberangkatkan lebih banyak pasukan jika diperlukan,” katanya.

Kekerasan kelompok mengungkung negara itu sejak Maret 2013 setelah kudeta oleh kelompok Seleka yang menempatkan presiden dari kelompok mereka di negara mayoritas Kristen itu. (antara), salam-online

Baca Juga