Mujahidin Sinai Ledakkan Pipa yang Alirkan Pasokan Gas Mesir ke ‘Israel’

A fire is seen on a gas pipeline in the Massaeed area west of the Mediterranean coastal town of al-Arish
Ledakan pipa gas di daerah Massaeed barat kota al Arish di utara Sinai (Foto: Reuters)

SINAI (SALAM-ONLINE): Sejumlah pria bersenjata yang diduga Mujahidin Sinai, meledakkan pipa gas di sebuah kawasan industri di padang Semenanjung Sinai pada Selasa (31/12/2013), demikian televisi Al Arabiya melaporkan.

Sumber-sumber resmi, seperti dikutip AFP, mengatakan bahwa ledakan tidak menimbulkan korban.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas peledakan itu.

Mujahidin telah memaksa penghentian pasokan gas ke “Israel” dan berulang kali menargetkan pipa gas lain yang berada di Sinai setelah penggulingan diktator Hosni “Mubarak” pada 2011 lalu.

Baca Juga

Mereka juga meningkatkan serangan terhadap polisi dan tentara junta Mesir menyusul penggulingan Presiden Mohammad Mursi dari kekuasaan pada 3 Juli 2013.

Anshar Baitul Maqdis yang mengaku berafiliasi ke Al-Qaidah, menyatakan bertanggung jawab atas serangkaian serangan terhadap polisi dan tentara junta di daratan Mesir tersebut.

Sementara pemimpin Al-Qaidah Dr Ayman al-Zawahiri yang juga berkebangsaan Mesir menuduh Amerika Serikat merencanakan dengan militer Mesir, para tokoh sekuler dan Kristen Mesir untuk menggulingkan presiden terpilih Mesir, Mohammad Mursi.

Tudingan itu dilontarkan Zawahiri dalam rekaman audio yang diposting di forum-forum Islam seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (3/8/2013), satu bulan setelah digulingkannya presiden dari Ikhwanul Muslimin itu.(arrahmah.com), salam-online

Baca Juga