Ancaman Penjara bagi Warga Saudi yang Ikut Perang di Suriah

Saudi-rezim Saudi ancam penjara bagi warganya yang ikut perang di luar negeri-jpeg.imageRIYADH (SALAM-ONLINE): Arab Saudi akan menjebloskan ke penjara selama tiga hingga 20 tahun bagi warganya yang ikut berperang dalam konflik di luar negeri, demikian keputusan kerajaan yang dirilis melalui media rezim pada Senin (3/1/2014).

Keputusan tersebut juga menyebutkan warga Saudi yang bergabung atau mendukung kelompok-kelompok yang diklasifikasikan sebagai “organisasi teroris”, baik di dalam maupun di luar negeri, diancam hukuman penjara antara lima hingga 30 tahun, lapor Reuters.

Keputusan tersebut menjadi langkah baru rezim Saudi dalam menyurutkan niat warganya yang ingin pergi ke Suriah untuk ikut berperang bersama para pejuang Islam melawan rezim kufur Basyar Asad.

Otoritas Arab Saudi sebelumnya menyatakan penentangannya atas tindakan warga yang pergi ke Suriah, namun Kementerian Dalam Negeri Saudi memperkirakan sekitar 1.200 warga Saudi sudah berangkat menuju negara tersebut.

Riyadh memberikan dukungan kepada kelompok oposisi sekuler (yang ingin berkuasa tanpa frame Islam) di Suriah dengan memberikan bantuan uang dan persenjataan.  Namun bersikap hati-hati untuk mengizinkan warganya pergi dan berjuang, karena khawatir jika mereka bergabung dengan kelompok pejuang Islam nantinya bisa menyasar keluarga kerajaan Al Saud yang tengah berkuasa. (antara), salam-online

Baca Juga
Baca Juga