Pejuang Islam Suriah Kuasai Pusat Penjara Aleppo, Bebaskan Ratusan Tahanan

Suriah-penjara di Aleppo-jpeg.imageALEPPO (SALAM-ONLINE): Koalisi Jabhah Islamiyah (Front Islam) yang terdiri dari Brigade Ahrar Syam dan Jabhah Nushrah di Suriah, Kamis (6/2), menguasai sebagian besar penjara di pusat Aleppo dan membebaskan ratusan tahanan, dalam sebuah serangan yang dilancarkan kemarin, demikian Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengabarkan, seperti dilansir AFP.

“Ahrar al-Syam dan Jabhah Nushrah telah menguasai 80 persen dari penjara pusat Aleppo dan membebaskan ratusan tahanan,” kata direktur Observatorium Rami Abdel Rahman.

Ahrar Syam mengatakan Mujahidin telah mengambil alih kendali penuh penjara, sebagaimana Aleppo Media Centre, outlet jurnalisme warga.

Tapi Abdel Rahman mengatakan pertempuran masih berlangsung di komplek itu, yang kabarnya menampung sekitar tiga ribu tahanan, termasuk tahanan yang berasal dari kelompok Islam, aktivis dan anak-anak di bawah umur.

Para pejuang Islam dilaporkan sedang berupaya membebaskan ribuan tahanan lainnya, di tengah kocar-kacirnya pasukan rezim.

Baca Juga

Sebelumnya para pejuang Islam telah melakukan serangan terhadap penjara selama berbulan-bulan, mencoba tanpa hasil pada beberapa kesempatan untuk merebut kontrol penuh.

Kondisi di dalam penjara disebutkan amat mengerikan. Observatorium melaporkan adanya wabah tuberkulosis dan penyakit lainnya. (antara)

salam-online

Baca Juga