Sekitar 250 Ribu Warga Sipil Suriah Masih Terjebak di Homs

Children sit with their belongings as they wait to be evacuated from a besieged area of Homs
Dua orang anak duduk bersama barang-barang mereka menunggu untuk dievakuasi dari wilayah yang terkepung di Homs (Reuters)

HOMS (SALAM-ONLINE): Kepala kemanusiaan PBB, Valerie Amos menggambarkan evakuasi warga sipil dari kota Suriah yang terkepung di Homs dengan kalimat “luar biasa”, namun ia memperingatkan sekitar 250.000 orang masih menunggu bantuan.

“Kami mengevakuasi 1.400 orang, namun masih ada hampir 250.000 lebih jika kalian melihat ke seluruh komunitas yang terkepung,” ujarnya seperti dilaporkan AFP pada Jum’at (14/2/2014).

PBB mengklaim kepada para wartawan bahwa mereka menerima “jaminan lisan” dari kedua belah pihak dalam konflik bahwa gencatan senjata di sekitar Homs akan diperpanjang.  Namun kelompok bantuan kemanusiaan PBB belum menerima jaminan tertulis untuk memudahkan operasi mereka.

“Kami tidak akan berlanjut tanpa jaminan tertulis dari mereka,” lanjutnya.

Baca Juga

Dia menyatakan frustrasi karena lambatnya kemajuan.

“Itu sebabnya kita semua tidak hanya pesimis, tapi begitu frustrasi,” ujarnya.

Amos menyerukan anggota Dewan Keamanan PBB agar menggunakan pengaruh mereka untuk memastikan rezim Asad mematuhi jeda, memberikan akses kemanusiaan, berkomitmen secara tertulis untuk kemanusiaan. (arrahmah.com), salam-online

Baca Juga