Alhamdulillah, Pejuang Islam Suriah Bebaskan Masjid Omawy di Aleppo dari Milisi Rezim Asad

Suriah-Masjid Omawy-jpeg.image
Masjid Omawy, masjid bersejarah di Aleppo, Suriah, setelah dibebaskan

ALEPPO (SALAM-ONLINE): Untuk pertama kalinya selama dua tahun, pejuang Islam Suriah dapat melaksanakan shalat Jum’at di Masjid Agung Omawy yang bersejarah di kota Aleppo—setelah berhasil mengusir milisi Syiah loyalis Basyar Al-Asad dari masjid tersebut.

Dalam rekaman video yang diunggah di Youtube pada Jum’at (7/3), meski hanya dihadiri puluhan pejuang Suriah, pelaksanaan shalat Jum’at di masjid bersejarah itu berlangsung khusyuk. Para pejuang mendengarkan khutbah Jum’at yang disampaikan dengan khidmat, sementara senjata-senjata mereka diletakkan di depan tempat sujud mereka.

Sejumlah pejuang berjaga untuk menangkal serangan secara tiba-tiba. Sesekali terdengar suara tembakan dari kejahuan di tengah khatib Jum’at menyampaikan khutbahnya. Dinding-dinding dan atap masjid terlihat hancur akibat pertempuran.

Sebagaimana diketahui, di sekitar Masjid Omawy selama dua tahun terakhir terjadi pertempuran sengit antara pejuang Suriah dan milisi loyalis rezim Basyar Al-Asad. Pasukan rezim merobohkan menara masjid tersebut dengan serangan-serangan roket. Sebagian besar bangunan juga hancur akibat pertempuran yang berlangsung di komplek masjid itu.

Baca Juga

Masjid Agung Omawy atau Masjid Jami Bani Umayah yang terletak di Aleppo merupakan masjid terbesar di kota tersebut. Masjid itu dibangun pada masa dinasti bani Umayah dan telah mengalami perluasan dan renovasi.

Pada April 2013 lalu, pasukan rezim dengan sengaja menggempur menara masjid dengan sejumlah roket sehingga menara yang dibangun pada 1090 itu hancur. (hunef/kiblat.net)

salam-online

Baca Juga