Posisi Akhir Pesawat MH370 Ditemukan

Pesawat MH370 ditemukan-2-jpeg.imageKUALA LUMPUR (SALAM-ONLINE): Posisi akhir pesawat MH370 milik Malaysia Airlines (MAS) telah ditemukan. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan posisi terakhir pesawat MH370 itu.

Melalui akun Twitternya @NajibRazak, ia mengaku telah mendapat informasi dari Bidang Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) dan Organisasi Satelit Maritim Internasional (Inmarsat) yang menyimpulkan posisi terakhir pesawat MH370 berada di selatan Samudera India. Mereka menggunakan tipe analisis yang belum digunakan sebelumnya. Inmarsat menemukan jejak akhir MH370 yang jatuh di selatan Samudera India.

‘’Dengan duka mendalam, saya sampaikan informasi ini. Esok akan saya sampaikan informasi detilnya,’’ tulis Najib, Senin (24/3).

Najib mengatakan bahwa MH370 memang telah terbang menyusuri koridor selatan dan berakhir di bagian selatan Samudra Hindia.

“Posisi terakhirnya ada di tengah Samudera Hindia, sebelah barat Perth Australia,“ kata PM Najib dalam pernyataannya.

Baca Juga

“Ini adalah lokasi terpencil, jauh dari lokasi yang bisa dipakai untuk pendaratan. Oleh karena itu dengan sedih dan menyesal, saya harus memberitahu Anda bahwa menurut data baru ini, penerbangan 370 berakhir di sebelah selatan Samudera Hindia,” ungkapnya.

Dia mengatakan pihak Malaysia Airlines telah menginformasikan hal ini kepada para keluarga penumpang dan awak pesawat itu. Najib tidak merinci penyebab pesawat itu bisa sampai sejauh itu menyimpang dari jalurnya, namun dia berjanji untuk menggelar jumpa pers hari ini, Selasa (25/3).

MAS sendiri menyatakan tak ada penumpang yang selamat. (RoL/salam-online)

Baca Juga