Turki Tembak Jatuh Pesawat Tempur Suriah

Suriah-Turki-Asap mengepul dari bukit-bukit berhutan di daerah perbatasan tempat lokasi pesawat itu jatuh-jpeg.image
Asap mengepul dari bukit-bukit berhutan di daerah perbatasan tempat lokasi pesawat itu jatuh

ANKARA (SALAM-ONLINE): Turki menembak jatuh sebuah jet tempur Suriah Ahad (23/3/2014) setelah pesawat tempur tersebut melenceng ke wilayah udaranya, kata Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Pesawat F-16 kami naik ke udara dan menembak pesawat itu turun. Mengapa? Karena jika Anda melanggar wilayah udara saya, maka mulai sekarang, tamparan kami akan berat,” kata Erdogan kepada para pendukungnya saat kampanye, sebagaimana dirilis oleh CNN, Ahad (23/3).

Media corong propaganda rezim di Suriah menyebut Turki telah melakukan tindakan “agresi terang-terangan” dan mengklaim bahwa pesawat yang jatuh tersebut sedang melintasi Suriah utara pada saat itu.

Pilot dikeluarkan dari pesawat dan berhasil diselamatkan, SANA melaporkan, mengutip dari salah satu sumber militer.

Situs angkatan bersenjata Turki melaporkan bahwa dua pesawat Suriah terlihat terbang dan telah diperingatkan sebanyak empat kali karena telah mendekati wilayah udara Turki ketika mereka terbang di wilayah udara Suriah utara.

Satu pesawat meninggalkan wilayah tersebut tetapi pesawat yang kedua melanjutkan, dan memasuki wilayah udara Turki sekitar 1 kilometer (enam sepersepuluh mil). Pesawat berbelok ke barat dan terus terbang ke wilayah udara Turki, menurut situs tersebut.

Baca Juga

Salah satu dari dua pesawat tempur F-16 Turki yang berpatroli di wilayah tersebut meluncurkan rudal ke arah pesawat tempur Suriah dan jatuh di wilayah kota Keseb, di wilayah dekat perbatasan Suriah, kata angkatan bersenjata Turki.

Pasukan rezim Suriah telah bertempur mati-matian melawan kelompok pejuang di provinsi Latakia, Suriah, sejak Jum’at (21/3) pagi setelah pejuang melancarkan serangan di daerah-daerah yang didominasi sekte Alawi di pantai Mediterania negara itu.

Pesawat-pesawat tempur Suriah telah menyerang kelompok pejuang di Lattakia, provinsi yang merupakan kampung halaman Presiden Suriah Basyar al-Asad, dengan harapan untuk mencegah kelompok pejuang.

Salah satu pertempuran meletus pada hari Jum’at (21/3) yang terjadi di Keseb, hanya 3 kilometer (2 mil) dari Turki. Laporan SANA hari Ahad (23/3) mengatakan bahwa jet militer Suriah mengejar kelompok pejuang di daerah tersebut.

Suriah juga pernah menembak jatuh sebuah pesawat Turki pada tahun 2012. Pada Oktober 2012, Turki juga pernah menembaki target rezim Suriah untuk mereson penembakan tentara Suriah terhadap kota perbatasan Turki dimana lima warga sipil Turki menjadi korban. (ameera/arrahmah.com/salam-online)

Baca Juga