Asad Sesumbar Bilang ‘Perang Selesai Akhir Tahun Ini’

Suriah-Basyar Asad-2-jpeg.image
Basyar Asad

DAMASKUS (SALAM-ONLINE): Seorang mantan Perdana Menteri Rusia yang baru-baru ini mengaku bertemu dengan Basyar al-Asad, mengungkapkan, bahwa pemimpin rezim Nushairiyah tersebut mengatakan kepadanya konflik di negara itu akan berakhir pada akhir tahun ini, lapor kantor berita Rusia Itar Tass pada Senin (7/4/2014).

Sergei Stepashin, yang menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia di tahun 1999, menemui Asad di Damaskus pada pekan lalu dalam kunjungannya ke Timur Tengah.

“Untuk pertanyaan saya tentang bagaimana isu-isu militer berlanjut, ini adalah apa yang dikatakan Asad: ‘Tahun ini fase aktif dari aksi militer di Suriah akan berakhir. Setelah itu kami harus beralih ke apa yang telah kami lakukan senjang waktu-melawan ‘teroris’,” ungkap Stepashin menirukan Asad.

Seperti diketahui, Moskow telah menjadi sekutu Asad paling kuat selama perang tiga tahun lebih di Suriah. Dalam pertemuannya, Stepashin mengklaim mereka telah membahas kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Baca Juga

Terkunci dalam perang selama tiga tahun lebih, Asad telah kehilangan daerah yang luas dari utara ke timur Suriah, dimana kelompok-kelompok Mujahidin menguasainya.

Namun, pasukan rezim dengan dukungan kuat dari Iran dan militan Syiah Lebanon dengan sekutu lainnya, termasuk penguasa Syiah Irak boneka AS, itu mengklaim telah berhasil mendorong Mujahidin keluar dari pinggiran ibukota dan mengamankan sebagian besar pusat Suriah. (haninmazaya/arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga