Obati Pejuang, 60 Dokter Suriah Dipecat

Suriah-dokter-1-jpeg.imageDAMASKUS (SALAM-ONLINE): Sebanyak 60 dokter Suriah telah dikeluarkan dari ikatan dokter negara itu, Ahad (6/4), karena mengobati para pejuang yang berjuang melawan kebiadaban rezim Nushairiyah pimpinan Basyar Asad, demikian lansir Xinhua.

“60 dokter yang dikeluarkan sering melakukan komunikasi dengan kelompok-kelompok bersenjata, sehingga organisasi telah mengambil tindakan terhadap setiap dokter,” ungkap Ketua Ikatan Dokter Suriah (IDS), Abdul Qader Hasan, seperti dikutip Xinhua.

Menurut Hasan, organisasinya memiliki hak untuk memecat setiap dokter yang merawat korban luka tanpa memberitahu pihak berwenang, terutama terkait dengan para pejuang.

Baca Juga

“Dokter harus melaporkan kepada pihak berwenang dalam kasus dia mengobati (pihak) yang terluka (tembakan), jika tidak, ia dikatakan melanggar hukum,” ujarnya.

Dalam konferensi persnya Hasan juga menjelaskan maksud pemecatan 60 dokter tersebut yang lebih disebabkan komunikasi mereka dengan para kelompok ‘teroris’ yang ingin menggulingkan Basyar Asad. “Dan parahnya lagi mereka (para dokter itu, red) telah menolong para ‘teroris’ yang mengalami luka-luka,” sesal Hasan. (xinhua/salam-online)

Baca Juga