Rintis Dewan Syariah Independen, Para Ulama Suriah Kumpul di Turki

Syaikh Prof Dr Usamah ar-Rifai-jpeg.image
Syaikh Prof Dr Usamah ar-Rifai

TURKI (SALAM-ONLINE): Sebanyak 77 ulama Suriah berkumpul di Turki. Para ulama yang terdiri dari berbagai organisasi di Suriah itu menggelar acara bertajuk Constitutive meeting of Syrian Islamic Council.

Menurut salah seorang peserta, Syaikh Abdullah Musthafa Rahhal, Ketua Persatuan Ulama Idlib, Suriah, tujuan diadakannya pertemuan ini, antara lain, untuk membentuk Dewan Syariah yang independen, yang mewakili para ulama Suriah.

“Selama ini aktivitas para ulama Suriah belum terwadahi. Dengan digelarnya pertemuan ini, diharapkan bisa mewadahi aspirasi syariah para ulama,” kata Syaikh Rahhal kepada beberapa wartawan Indonesia yang tergabung dalam Jurnalis Islam Bersatu (JITU), termasuk salam-online, sesaat sebelum konferensi dimulai, jumat (11/4).

Beberapa ulama kenamaan Suriah hadir dalam acara ini seperti Ketua Rabithah Ulama Syam Syaikh DR Usamah Ar-Rifai, Pakar Tafsir Syaikh Profesor Muhammad Ali Ashobuni, Syaikh Anas As-Suwaid, Syaikh Adnan Al Ur’ur—Pakar Kajian Anti Syiah Internasional—Ulama Kharismatik Suriah Syaikh Abdur Bashir At Tartusi, Ketua Persatuan Ulama Idlib Syekh Musthafa Rahal, dan masih banyak lagi.

Baca Juga

Lembaga ini akan mewadahi persatuan ulama Suriah. Hal ini dilakukan, karena selama ini rezim Suriah kerap menekan ulama-ulama di bumi syam tersebut dalam masalah dakwah dan fatwa.

“Wadah ini aspirasi ulama di Suriah, karena selama ini kita wajib melapor ke intelijen jika ingin berdakwah dan mengeluarkan fatwa,” kata Syaikh Rahhal di sela-sela muktamar.

Lembaga ini tidak hanya dibentuk untuk kepentingan di Suriah. Tetapi, juga agar diketahui semua negara. “Lembaga ini bersifat internasional,” tambahnya.

Dengan berkumpulnya ulama di lembaga ini, diharapkan bisa membimbing rakyat dalam penerapan syariat Islam. (JITU/salam-online)

Baca Juga