Bagaimana Suriah Bisa Mempengaruhi Masa Depan Kemanusiaan

Suriah-Syrian Children-jpeg.image
Anak-anak Suriah

SALAM-ONLINE: Aku terus diperlihatkan kerumunan anak-anak, ribuan dan ribuan dari mereka berkeliling berdampingan satu sama lain, bingung, tidak mengerti bagaimana orang tua mereka telah tiada, bagaimana rumah mereka telah hancur dan bagaimana hidup mereka berada dalam bahaya. Saya melihat anak-anak yang tidak bersalah belajar membenci, belajar untuk ingin balas dendam.

Aku sedang berbicara tentang Suriah. Beberapa orang bertanya kepada saya mengapa saya begitu disentak oleh Suriah? Mengapa tidak Ukraina atau Sudan Selatan atau dari tempat-tempat lain dimana juga ada kekejaman yang terjadi?

Saya tidak sepenuhnya tahu. Yang saya tahu adalah bahwa saya diberitahu, Suriah adalah titik penting untuk masa depan dunia. Saya telah menunjukkan apa yang bisa terjadi jika situasi di Suriah tidak diselesaikan. Saya telah menunjukkan bagaimana konflik besar bisa berkembang yang mengarah ke kerugian besar kehidupan di seluruh dunia, dengan konsekuensi yang berdampak pada kita semua.

Saya telah menunjukkan korban kemanusiaan yang merasa putus asa dan kemarahan seperti yang kita rasakan. Orang-orang di dunia tidak melakukan tindakan yang cukup untuk meredakan situasi ini. Para pemimpin dunia dan Suriah tidak melakukan tindakan yang cukup untuk menghentikannya. Dan orang-orang dari dunia yang terlalu sibuk dengan yang sedang terjadi dalam kehidupan mereka sendiri dari sekadar berdiri dan menuntut para pemimpin mereka untuk bertindak.

Di samping pandangan keputusasaan saya, saya melihat ada harapan alternatif yang besar untuk masa depan. Saya melihat bahwa jika dunia mendengarkan dan melakukan hal yang benar maka penyelesaian konflik di Suriah dapat mengubah dunia kita menjadi lebih baik. Bahwa pelajaran dalam menyelesaikan krisis Suriah dapat memberikan kita model baru untuk perdamaian di dunia. Sebuah model dimana para pemimpin kita bersama-sama untuk kebaikan umat manusia dan mengenyampingkan masalah uang, kekuasaan dan pengaruh. Ini akan menjadi pertama kalinya bahwa perdamaian akan dibawa dengan cara ini dan akan mengarah pada cara baru untuk menyelesaikan konflik.

Saya belum melihat bagaimana hal ini dimulai selain diberitahu bahwa Amerika katanya memiliki peran penting, yaitu Presiden Obama telah berdiri dan memiliki keberanian untuk menunjukkan kepemimpinan yang nyata.

Baca Juga

Saya membayangkan bahwa Anda yang belum menemukan saya sebelumnya mengatakan siapa wanita ini? Siapa dia mengatakan hal-hal ini? Saya seorang wanita biasa, seorang wanita berpendidikan, seorang ibu dan janda. Saya melihat dan berbicara kepada mereka setiap hari. Saya sangat menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin menganggap saya sebagai fantasist, seseorang yang delusional.

Saya tidak keberatan Anda menolak saya sebagai pribadi, tapi saya merasa sangat frustrasi karena sangat sulit untuk mendapatkan orang-orang untuk mendengarkan pesan yang saya sampaikan. Hal ini sangat sulit bagi saya untuk duduk dan melihat dunia pada jalan menuju kehancuran. Aku tidak akan menyerah. Saya akan terus menggunakan setiap napas yang saya miliki, setiap kesempatan yang saya miliki untuk menyebarkan pesan-pesan ini. Aku tidak akan menyerah.

Kita semua harus berdoa untuk sebuah resolusi bagi perang di Suriah. Jika kita sudah berdoa, kita perlu berdoa lebih banyak, dan jika kita belum berdoa kita harus mulai sekarang. Apapun keyakinan kita, kita semua harus berdoa bagi orang-orang yang terlibat dalam konflik bahkan orang-orang yang mungkin kita pikir kita benci. Kita perlu berdoa agar semua yang terlibat, semua pemimpin Suriah dan dunia akan mendengarkan dan melakukan hal yang benar.

Tetapi kita tidak bisa hanya berdoa saja! Kita harus berdiri dan menuntut agar para pemimpin kita bertindak, dan kita perlu mendukung semua orang yang hidupnya telah hancur oleh apa yang telah terjadi sampai saat ini. Saya akan menghargai Anda semua jika Anda memberikan apa pun yang dapat Anda berikan bahkan euro atau dollar untuk membantu mereka yang terkena dampak konflik, untuk organisasi seperti Unicef, Palang Merah Internasional, Bulan Sabit Merah dan Save the Children.

Melihat krisis Suriah sekarang, kita mungkin tidak dapat melihat solusi secara manusiawi. Itulah mengapa kita perlu berdoa. Doa begitu kuat. Semua doa kita akan tercatat. Doa Anda mungkin menjadi salah satu yang akan melahirkan perubahan.

Lorna Byrne (huffingtonpost.com/hasi.or.id)

Baca Juga