Channel 4 Siarkan Adzan dalam Program Ramadhan, Islamofobia di Inggris Meningkat

Inggris-azdan channel 4-1-jpeg.image
Program Adzan di Channel 4 dimulai pada Ramadhan 2013 lalu

LONDON (SALAM-ONLINE): Di tengah reaksi yang sangat positif dari masyarakat Muslim, Program Ramadhan di TV Channel 4, telah menerima jumlah tertinggi keluhan pada tahun 2013. Keluhan terbanyak terutama ditujukan kepada program Adzan yang ditayangkan setiap hari selama bulan Ramadhan. Keluhan ini mencerminkan suasana Islamofobia, kaum anti Islam, yang meningkat di Inggris.

“Tingkat Islamofobia yang kami temui terhadap program Ramadhan sungguh tak terduga,” kata kepala Channel 4 Ralph Lee mengatakan kepada International Business Times pada Jumat (9/5/2014)

“Keluhan ini diimbangi dengan reaksi yang sangat positif dari Muslim Inggris, yang berterima kasih atas adanya program adzan.”

Juli lalu, channel 4 Inggris mulai menyiarkan adzan—yang merupakan panggilan terhadap Muslim untuk melaksanakan shalat—setiap hari selama bulan suci Ramadhan.

Dengan menyiarkan adzan, Channel 4 menjadi saluran televisi mainstream pertama Inggris yang menyiarkan adzan setiap hari.

Bersama dengan penayangan adzan tersebut, penyiar juga menayangkan episode yang menampilkan Muslim yang sedang melaksanakan shalat di beberapa tempat yang berbeda dan di lokasi wisata di London.

Dirancang untuk menjangkau komunitas Muslim di Inggris, liputan istimewa ini menerima jumlah tertinggi pengaduan dengan jumlah total 2.011.

Baca Juga

Sebanyak 1.658 keluhan secara khusus dialamatkan terhadap program adzan selama bulan suci Ramadhan.

Pengaduan ini diajukan oleh beberapa kelompok, termasuk kelompok yang disebut sebagai Britain First, yang menggambarkan diri mereka sebagai ‘gerakan politik patriotik’.

Walau menerima banyak keluhan, ternyata program acara Ramadhan menarik penonton cukup banyak yakni 5,3 juta penonton, padahal jumlah umat Islam di Inggris hanya 2,8 juta orang.

“Misi kami menayangkan acara bertema Ramadhan untuk meningkatkan rasa solidaritas pada kelompok minoritas. Ternyata misi itu berhasil karena 4 dari 5 penonton mengaku mendapat ilmu baru setelah menonton,” katanya.

Lee mengatakan acara bertema Ramadhan sekaligus menjadi bukti bahwa Channel 4 tidak takut untuk menyuarakan aspirasi kelompok minoritas.

Terry Sanderson, presiden dari Masyarakat Sekuler Nasional mengatakan bahwa penayangan program sesi 4 ramadhan tampaknya masuk akal, dan seharusnya ada beberapa penghargaan dari TV terhadap kebutuhan populasi Muslim yang berkembang di Inggris.

“BBC menyiarkan ratusan jam per tahun untuk agama Kristen, dengan dua atau tiga layanan gereja setiap hari di stasiun radio, dan hampir tidak ada menyebutkan agama-agama minoritas, beberapa menit yang ditujukan untuk Islam adalah cukup masuk akal,” tambah Sanderson.

Baca Juga