Obama Pastikan Akan Latih Oposisi Sekuler Suriah untuk Bendung Kekuatan Mujahidin

Barack Obama-1-jpeg.image
Barack Obama

WASHINGTON (SALAM-ONLINE): Presiden AS Barack Obama akan memerintahkan pasukan AS untuk melatih kelompok oposisi Suriah, tentu saja oposisi moderat dan sekuler (pro Barat) yang dipilih, dalam upaya untuk membendung meningkatnya kekuatan Mujahidin, khususnya Al-Qaidah, di Suriah, ujar laporan sebuah surat kabar AS pada Selasa (27/5/2014).

Gedung Putih tidak mau mengonfirmasi atau menyangkal rencana tersebut, tapi mengklaim bahwa mereka akan terus “mempertimbangkan pilihan yang tersedia untuk memerangi ancaman ‘teroris’ yang berasal dari Suriah dan untuk memfasilitasi berakhirnya krisis”.

Departemen Luar Negeri AS juga menolak untuk berkomentar. “Pendekatan kebijakan saat ini terus memperkuat oposisi moderat,” ujar juru bicara Jen Psaki kepada para wartawan seperti dilaporkan Al Arabiya.

Secara resmi, dukungan AS terhadap oposisi Suriah pro-Barat dibatasi untuk bantuan non-mematikan sebesar 287 juta USD, meskipun ada laporan CIA berpartisipasi dalam sebuah program rahasia untuk melatih oposisi pro-Barat di Yordania.

Baca Juga

Obama akan segera mengumumkan posisi baru AS terhadap perang Suriah.

Laporan mengatakan bahwa Obama tidak akan memberikan rincian tentang berapa banyak pasukan oposisi sekuler yang akan dilatih atau di mana pelatihan mereka akan berlangsung. (arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga