Putri Mursi Ungkap Ayahnya Ditawari Uang Agar Melepas Jabatan Presiden

Shaimaa Mohamed Mursi, daughter of Egypt's ousted President Mohamed Mursi, speaks during a news conference in Cairo
Shaimaa Mohammad Mursi

KAIRO (SALAM-ONLINE): Putri Presiden Mesir yang dikudeta, Muhammad Mursi, mengatakan pada Senin (19/5/2014) bahwa mantan menteri pertahanan, Abdul Fattah al-Sisi dan para pemimpin militer, sebelum lengsernya Mursi, telah menawarkan kepada ayahnya suaka politik di negara yang dipilihnya di luar Mesir, serta memberikan hak-hak istimewa lainnya dan sejumlah uang agar ayahnya mau melepaskan jabatannya sebagai Presiden. Tapi tawaran itu ditolak oleh ayahnya, sebagaimana dilansir oleh MEMO, Selasa (20/5).

Shaimaa Mursi mengatakan dalam sebuah posting di halaman Facebook-nya. “Izinkan saya untuk mengatakan kepada dunia bahwa Anda (militer Mesir) telah menawarkan kepada presiden suaka politik di negara yang dipilihnya dan memberi dia dan keluarganya hak istimewa dan sejumlah uang sebagai imbalan atas pengunduran dirinya dan kemudian pergi meninggalkan Mesir,“ ungkapnya.

“Tapi dia menolak tawaran Anda, karena ia tahu bahwa ini adalah pengkhianatan kepada Allah, Mesir dan orang-orang Mesir yang percaya kepadanya,” katanya.

Baca Juga

Shaimaa melanjutkan, “Ayahku dan orang-orangnya telah mengorbankan hidup mereka untuk Islam dan Mesir, dan menolak untuk menjadi pengkhianat, menjual tanah dan kehormatan mereka, dan mengorbankan uang dan hak-hak mereka untuk revolusi, kemerdekaan, harkat dan martabat dan memberi pelajaran generasi berikutnya untuk belajar bagaimana menjadi manusia.”

Komentar Shaimaa muncul hanya beberapa jam setelah mantan menteri pertahanan dan calon presiden Abdul Fattah Al-Sisi mengatakan di tiga saluran TV swasta pada Ahad (18/5) bahwa ia dan para pemimpin militer lainnya telah menghadiri pidato terakhir Mursi saat menjabat sebagai presiden (pada 26 Juni), dan berharap bahwa Mursi akan mengusulkan sebuah solusi untuk mengakhiri krisis Mesir. (arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga