Terungkap, Tentara Mesir Bantai Warga Sipil di Sinai

Mesir-Tentara rezim kudeta Mesir-jpeg.image
Tentara Mesir

KAIRO (SALAM-ONLINE): Aktivis media sosial Mesir mengedarkan sejumlah klip video yang mengungkapkan apa yang mereka sebut sebagai “kejahatan tentara Mesir di Sinai”. Dalam video tersebut, tentara Mesir menyerang warga sipil Mesir di Sinai dengan artileri, sebagaimana dilasir oleh MEMO, Selasa (13/5/2014).

Sebuah video yang diposting pada halaman YouTube didedikasikan sebagai upaya untuk mengungkapkan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan tentara Mesir di Sinai. Video tersebut menunjukkan sejumlah orang yang mengambil mayat dari sebuah sumur di Sinai.

Menurut deskripsi video tersebut, mayat itu merupakan warga sipil yang dibantai oleh tentara Mesir di sekitar Airport Al-Goura. Mayat-mayat tersebut telah dilemparkan ke dalam sumur sebagai upaya “untuk menyembunyikan kejahatan”. Admin halaman YouTube itu menuding tentara Mesir telah menyiksa korban sampai mati sebelum membuang mayat mereka ke dalam sumur.

Baca Juga

Dalam dua klip berikutnya, sebuah video menunjukkan buldoser militer menumbangkan pohon dan merusak lahan pertanian, sedangkan pada klip video yang berikutnya menunjukkan volume kerusakan di sejumlah daerah di Sinai, menyusul serangan artileri.

Tentara Mesir melancarkan perang terhadap rakyat Sinai dengan alasan sebagai operasi “kontra-terorisme”. Namun, warga Sinai menganggap penyerbuan itu sebagai serangan terhadap warga sipil. Kelompok hak asasi manusia telah mengecam kekerasan membabi buta yang dilakukan tentara Mesir di Sinai, yang telah merenggut nyawa puluhan warga sipil sejak kudeta militer 3 Juli tahun lalu. (arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga