Al-Qaidah Diduga Tembak Mati Perwira Intelijen Yaman

Yaman-Anggota Al-Qaidah diduga tembak mati perwira intelijen Yaman di dalam mobil-jpeg.imageSANAA (SALAM-ONLINE): Anggota Al-Qaidah diduga menembak mati seorang perwira intelijen Yaman pada Sabtu (31/5) di provinsi selatan Lahej, Yaman. Seorang pejabat setempat mengatakan, serangan tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian serangan terhadap sasaran militer.

Dijelaskannya, penembakan terjadi ketika perwira tengah berada di dalam mobil. “Penyerang membawa senapan mesin,” tambahnya seperti dilansir reuters, Ahad (1/6).

Al-Qaidah yang berada di Semenanjung Arab telah melakukan beberapa serangan mendadak sejak tentara Yaman melaju dari kubu selatan di Abyan dan provinsi Shabwa bulan lalu. Dalam serangan tersebut, Kolonel Nasser Al-Issai tewas.

Lebih dari 22 pejabat senior telah tewas tahun ini. Barat khawatir Al-Qaidah yang berada di Semenanjung Arab dapat menggunakan Yaman, yang berbatasan dengan produsen minyak utama Arab Saudi, sebagai basis untuk serangan internasional.

Baca Juga

Terlepas dari pertarungan melawan Al-Qaidah, pemerintah menghadapi dorongan kemerdekaan dari gerakan di wilayah selatan serta pertempuran dengan pemberontak Syiah Houthi. Para pemberontak mencoba memperluas kontrol atas wilayah utara. (RoL)

salam-online

Baca Juga