Bekerjasama dengan AS, Iran Siap Bantu Rezim Syiah Irak Hadapi Mujahidin

Iran-Presiden Republik Syiah Iran Hassan Rouhani-jpeg.image
Presiden Syiah Iran Hassan Rouhani

TEHERAN (SALAM-ONLINE): Bekerjasama dengan Amerika Serikat (AS) Republik Syiah Iran siap membantu rezim Syiah Irak dalam perang menghadapi pejuang Islam seperti disampaikan Presiden Hassan Rouhani.

“Jika pemerintah Irak meminta bantuan, kami mungkin akan memberikan setiap bantuan yang diinginkan bangsa Irak untuk melawan ‘terorisme’,” tuturnya dalam konferensi pers memperingati satu tahun kemenangannya dalam pemilihan presiden di negara itu, Sabtu 14 Juni, sebagaimana dilansir BBC.

Namun dia membantah Iran sudah mengirimkan pasukan ke Irak untuk membantu pertahanan pemerintah Irak.

Kelompok-kelompok Islam, di antaranya ISIS, telah menguasai Kota Mosul, Huwailujah, Kirkuk dan Tikrit, serta dalam upaya mendekat ke ibukota Baghdad.

Pemerintah Teheran meningkatkan hubungan dengan pemerintah Irak setelah jatuhnya mantan Presiden Saddam Hussein.

Baca Juga

Kepada BBC, Presiden Rouhani mengatakan, tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dengan Amerika Serikat, dalam menghadapi ISIS dan kelompok-kelompok jihad lainnya di Irak.

“Kami bisa memikirkannya jika kami melihat Amerika Serikat mulai melawan kelompok ‘teroris’ di Irak atau di tempat lainnya,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Barack Obama mengatakan akan mengambil keputusan dalam beberapa hari lagi guna menyiapkan langkah-langkah menyelesaikan krisis di Irak. (bbc)

salam-online

Baca Juga