Mujahidin Irak Semakin Mendekati Baghdad

Irak-mujahidin semakin mendekati baghdad-2-jpeg.imageBAGHDAD (SALAM-ONLINE): Pasukan rezim Syiah Irak terlibat pertempuran sengit dengan Mujhidin Irak yang terus bergerak maju dalam sepekan belakangan.

Sejumlah laporan menyebutkan sebagian dari kota Baquba yang hanya sekitar 60 km dari Baghdad, sudah dikuasai para pejuang Islam.

Amerika Serikat menugaskan hingga 275 personil militer untuk melindungi staf kedutaan besarnya di ibukota Baghdad.

Perdana Menteri daerah otonomi Kurdi Irak mengatakan kepada BBC bahwa Irak kemungkinan besar akan terpecah.

Dia mengatakan sangat sulit bagi warga Irak untuk kembali ke keadaan sebelum kelompok jihad, yang dipimpin ISIS menguasai kota-kota di sebelah utara seperti Mosul dan Tikrit seminggu lalu, dan Tal Afar hari Senin (16 Juni).

Baca Juga

Sejumlah laporan dari Baquba, ibukota Provinsi Baquba di utara Baghdad, menyebutkan kelompok pejuang Islam dilaporkan mengambil alih beberapa daerah, menguasai kantor polisi utama dan merampas banyak senjata.

Irak-Mujahidin semakin mendekati Baghdad-1-jpeg.imageDi Tal Afar, kota strategis di barat Mosul di provinsi Nineveh, muncul sejumlah laporan kekuatan tambahan telah tiba untuk meningkatkan kemampuan pasukan rezim yang berusaha menguasai kembali kota dari tangan Mujahidin.

Angkatan udara Irak dilaporkan melakukan penyerangan ke daerah tersebut. (bbc)

salam-online

Baca Juga