Pasukan Rezim Syiah Kewalahan, Kota Tikrit dan Daur Jatuh ke Tangan Mujahidin Irak

Irak-Kota Tikrit jatuh ke tangan Mujahidin-jpeg.image
Kota Tikrit jatuh ke tangan Mujahidin

BAGHDAD (SALAM-ONLINE): Iraq Spring Media Center (ISMC) melaporkan pada Rabu (11/6/2014) bahwa kota Daur di provinsi Shalahuddin telah jatuh ke tangan Mujahidin suku-suku Islam Irak.

Demikian pula Kota Tikrit, di sebelah utara ibukota Baghdad. Sumber-sumber militer Irak mengatakan pada Rabu (11/6/2014) bahwa kota Tikrit telah jatuh ke tangan kelompok-kelompok bersenjata. Di wilayah selatan pasukan Syiah Irak juga sedang berupaya untuk menghalau serangan kelompok-kelompok bersenjata terhadap kota Samira yang berjarak 110 kilometer dari ibukota Baghdad, Al-Jazeera melaporkan.

Suku-suku Muslim Irak dan kelompok-kelompok jihad melakukan serangan serentak terhadap pasukan rezim Syiah Irak di kota Daur, provinsi Shalahuddin pada hari Rabu (11/6). Pasukan rezim Syiah Irak kewalahan menghadapi serangan Mujahidin Islam dan kota Daur pun jatuh ke tangan Mujahidin.

ISMC melaporkan sebuah bom mobil telah menghancurkan empat kendaraan militer jenis Hammer dalam pertempuran sengit di kota Daur. Sebanyak tujuh tentara Syiah tewas dan cedera akibat serangan bom mobil tersebut.

ISMC telah merilis video pendek yang memperlihatkan suasana kota Daur pasca peperangan sengit pada hari Rabu.

Baca Juga
Irak-Kota Daur di provinsi Shalahuddin jatuh ke tangan mujahidin Irak-jpeg.image
Kota Daur provinsi Shalahuddin jatuh ke tangan Mujahidin

Jatuhnya kota Daur menambah kepanikan rezim Syiah Irak. Sebelumnya kota Mosul dan Huwaijah serta Tikrit juga telah jatuh ke tangan suku-suku Muslim dan kelompok-kelompok jihad.

Seorang perwira kepolisian Syiah Irak juga mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa kelompok-kelompok bersenjata telah menguasai kota Tikrit dan melepaskan banyak tahanan dari penjara.

Sumber-sumber keamanan Irak juga mengungkap bahwa wilayah Awjah dan Daur di selatan Tikrit telah jatuh ke tangan kelompok-kelompok bersenjata. (muhib al majdi/arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga