Setelah Ditukar dengan Serdadu AS, Lima Thaliban Diizinkan Hidup Bebas di Qatar

Mujahidin Thaliban-2-jpeg.imageDOHA (SALAM-ONLINE): Qatar telah memindahkan lima tahanan Mujahidin Thaliban Afghanistan yang dibebaskan setelah ditukar dengan seorang serdadu Amerika Serikat ke komplek perumahan dan akan mengizinkan mereka bebas di negara itu. Demikian kata seorang pejabat senior Teluk pada Selasa (3/6).

Para pejabat AS telah merujuk kepada pembebasan Mujahidin itu sebagai pemindahan dan mengatakan pembatasan-pembatasan akan diberlakukan atas mereka di Qatar.

Salah seorang pejabat mengatakan mereka dilarang selama setahun meninggalkan Qatar dan juga memantau kegiatan-kegiatan mereka.

“Lima orang pria tersebut menerima pemeriksaan kesehatan dan mereka sekarang tinggal bersama keluarga mereka dengan fasilitas akomodasi di Doha,” kata sumber di Teluk itu, yang meminta jatidirinya tak disebut kepada kantor berita Reuters.

“Mereka boleh bergerak bebas di dalam wilayah negeri itu,” katanya.

Baca Juga

Menyusul persetujuan pembebasan mereka yang ditukar dengan seorang serdadu AS yang ditahan Thaliban di Afghanistan, sejumlah pejabat intelijen dan penasihat Kongres mengkhawatirkan peran negara Teluk itu sebagai jembatan antara Washington dan Thaliban.

Pejabat di Teluk itu mengatakan lima pria Thaliban tersebut, yang diberi izin tinggal di Qatar, tidak akan diperlakukan seperti tahanan sementara di Doha dan tak ada pejabat AS yang terlibat dalam pemantauan gerakan mereka saat berada di negara itu. (Antara/RoL/Reuters)

salam-online

Baca Juga