Terungkap, Tentara yang Dibebaskan Thaliban Ini Tak Mau Lagi Menjalankan Misi AS

Thaliban-Bowe Bergdahl-5-jpeg.image
Bowe Bergdahl

WASHINGTON (SALAM-ONLINE): Bowe Bergdahl adalah sersan pasukan Amerika Serikat yang dibebaskan pemerintah Barack Obama dalam pertukaran ‘berisiko’ dengan lima pimpinan Thaliban yang ditahan di penjara Guantanamo. Pada 2009, ia menjadi satu-satunya sersan AS yang ditangkap oleh Thaliban.

Dikutip dari New York Times oleh Republika Online, Selasa (3/6), kisah Bergdahl sebelum ditangkap Thaliban terungkap. Tengah malam pada 30 Juni 2009, Bergdahl meninggalkan sebuah catatan di tendanya. Catatan tersebut bertuliskan kekecewaannya pada tentara angkatan darat.

Ia mengatakan tak mau lagi menjalankan misi Amerika di Afganistan dan akan pergi memulai kehidupan baru. Bergdahl kemudian meninggalkan posnya di Provinsi Paktika yang terletak berbatasan dengan Pakistan.

Ia membawa tasnya yang berisi air, pisau, buku dan peralatan menulis. Ia meninggalkan senjata dan pelindung tubuhnya. Hal ini mengejutkan rekannya, mengingat area di luar posnya cukup berbahaya. Penyelidikan terhadap menghilangnya Bergdahl pun dilakukan.

Pencarian sersan Bergdahl saat itu menelan nyawa sedikitnya dua tentara dan enam lainnya di area tersebut. ‘’Aku marah,’’ kata mantan petugas medis di peleton sersan Bergdahl, Joshua Cornelis dalam sebuah wawancara pada Senin (2/6).

Baca Juga

Ia mengatakan semua yang dilakukan tim pada hari itu adalah untuk mencari Bergdahl. Seorang mantan pejabat senior yang tak disebutkan namanya juga mendukung pernyataan tersebut. Ia mengatakan Bergdahl pergi begitu saja dari posnya.

‘’Ia mungkin jalan kaki tapi sepertinya dia pergi dengan bersembunyi di sebuah kendaraan,’’ katanya. Ia mengatakan Bergdahl tidak terlihat keluar di gerbang pos pemeriksaan dan tidak ada bukti ia melanggar batas pos dengan kawat perimeter.

Anggota satu peleton Bergdahl mengatakan sersan yang berasal dari Idaho itu terkenal kutu buku dan sering mengumpulkan tulisan aneh juga romantis. Salah satu rekannya, Cody Full mengatakan Bergdahl tidak minum bir atau ikut makan barbecue. Ia juga tidak keluar untuk membaur dengan teman-temannya. (RoL)

salam-online

Baca Juga