Thaliban Tukar Seorang Tawanan Tentara AS dengan Lima Mujahidin

Thaliban VS AS-1-jpeg.imageKABUL (SALAM-ONLINE): Mujahidin Thaliban Afghanistan baru-baru ini menukar seorang tawanan tentara Amerika Serikat dengan lima Mujahidin yang ditahan tentara kafir tersebut. Tentara itu dinyatakan hilang oleh pemerintah AS sejak 2009 lalu.

Dalam foto yang dipublish di forum jihad hanein.info pada Sabtu (31/5), kantor media Thaliban, Al-Emara, melihatkan lima foto Mujahidin yang berhasil dibebaskan. Kelimanya adalah Khabarullah KhabraKahwah, Muhammad Fadzil Anjad, Nurullah Nuri, Abdul Haq Watsiq dan Muhmman Nabi Umri.

Al-Emara juga melihatkan foto tentara AS yang ditukarkan dengan kelima Mujahidin tersebut, Bowe Rober Berghdahl.

Media resmi Thaliban tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang proses pertukaran itu.

Proses pertukaran tahanan ini dibenarkan Presiden AS, Barack Obama. Obama menjelaskan tentaranya yang dibebaskan itu berpangkat sersan dan hilang sejak lima tahun lalu ketika bertugas di Afghanistan.

Baca Juga

Sejumlah pejabat AS juga membenarkan bahwa pihaknya membebaskan lima tahanan Thaliban di penjara Guantanamo sebagai ganti dari pembebasan seorang tentaranya tersebut. Mereka menambahkan bahwa proses pertukaran itu ditangani langsung oleh pasukan khusus dan berlangsung di timur Afghanistan.

Menurut kantor berita Sky News Arabia, Berghdhal merupakan satu-satunya tentara AS yang dinyatakan hilang dalam perang di Afghanistan. Ia diculik oleh para pejuang Thaliban di timur Afghanistan pada 30 Juni 2009 silam, setelah hampir dua bulan bertugas di negara tersebut.

Hunef/kiblat.net/hanein.info/Sky News Arabia

salam-online

Baca Juga