Non-Muslim di Bali Penerima Terbesar Pembiayaan dari Bank Syariah


Bali-non-Muslim penerima terbesar pembiayaan bank syariah-2-jpeg.imageDENPASAR (SALAM-ONLINE): Keberadaan perbankan syariah di Bali, manfaatnya paling besar dirasakan oleh nasabah non-Muslim. Hal itu, menurut Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali, Zulmi, terlihat dari komposisi pembiayaan sebesar 55 persen di rasakan nasabah non-Muslim dan hanya 45 persen nasabah Muslim.

“Ini menunjukkan bahwa perbankan syariah bukan hanya untuk umat Islam saja, melainkan untuk semua golongan,” kata Zulmi saat memberikan pemaparan pada acara Sarasehan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali di Denpasar pada Sabtu (6/9), sebagaimana dikutip Republika Online. Sarasehan tersebut membahas masalah politik, ekonomi, dan dakwah.

Di Bali, ujar Zulmi, terdapat sembilan Kantor Cabang Bank Umum Syariah, dengan total aset sebesar Rp 1,4 triliun. Dana Pihak Ketiga (DPK) yang disimpan di perbankan syariah mencapai Rp 733 miliar dan pembiayaan Rp 1,4 triliun. Dibandingkan dengan 2012, angka itu meningkat 57,6 persen untuk aset, 30,19 persen untuk DPK dan 58,6 persen untuk pembiayaan. (RoL)

salam-online