Mujahidin AQAP Nyatakan Sebagai Pelaku atas Dua Serangan terhadap Syiah Houtsi di Yaman

Yaman-Mujahidin AQAP-jpeg.image
Mujahidin AQAP

YAMAN (SALAM-ONLINE): Mujahidin Al-Qaidah di Jazirah Arab atau Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) merilis laporan pada Jumat (10/10/2014) yang menyatakan bahwa mereka adalah pelaku atas dua serangan di Sana’a, ibukota Yaman.

Serangan pertama adalah serangan istisyhadiyah besar-besaran yang dilancarkan pada Kamis (9/10) pagi di Tahrir Square, dan serangan kedua dilancarkan pada hari berikutnya.

AQAP menyatakan bahwa “lebih dari lima puluh rafidhi (Syiah) Houtsi” tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan syahid AQAP pada tanggal 9 Oktober yang menargetkan kumpulan pendukung Syiah Houtsi yang tengah mempersiapkan demonstrasi di Sana’a, demikian dilansir LWJ.

Menurut pernyataan itu, serangan tersebut dilakukan oleh Abu Mu’awiyah Al-Sana’ani—semoga Allah menerimanya sebagai syuhada—yang meledakkan sabuk peledak saat pendukung Syiah Houtsi berkumpul di alun-alun kota.

Baca Juga

Meskipun pernyataan itu mengatakan sulit untuk menentukan jumlah pasti Syiah Houtsi yang tewas akibat serangan tersebut, media lokal dan internasional melaporkan bahwa ada lebih dari 50 Syiah Houtsi yang tewas sementara 150 lainnya terluka parah.

Mengenai serangan pada 10 Oktober, AQAP menyatakan bahwa para pejuang mereka menargetkan pemimpin Syiah Houtsi, Ibrahim Al-Mahtouri, dengan alat peledak yang diledakkan di mobilnya sekitar pukul 11:30 waktu setempat. Al-Mahtouri adalah tokoh Syiah Houtsi terkemuka dan saudara Al-Murtada bin Zayd Al-Mahtouri, seorang tokoh Syiah.

Pernyataan AQAP menjelaskan bahwa Mujahidin sebelumnya meletakkan bahan peledak di kendaraan Al-Mahtouri dan meledakkannya saat Al-Mahtouri mengemudikan kendaraan itu di Sa’wan kawasan Sana’a. Meskipun Mujahidin belum bisa mengonfirmasi kematian Al-Mahtouri, tetapi dilaporkan bahwa dia menderita luka parah akibat ledakan itu. (arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga