Reaksi Keras Bintang Kondang Hollywood Ini terhadap Penghujat Islam Tuai Pujian

Ben Affleck-2-jpeg.image
Ben Affleck: Tuai Pujian

SALAM-ONLINE: Bintang kondang Hollywood, Ben Affleck, saat ini tengah menjadi perbincangan ramai di media. Itu lantaran sikap kerasnya terhadap para penghujat Islam. Ia menentang persepsi miring orang-orang senegaranya tentang Islam, ketika tampil di acara talk show ‘Real Time’ yang dibawakan Bill Maher di saluran TV HBO, Jumat (3/10) pekan lalu.

Dalam sebuah sesi, Maher sempat menyebut Islam layaknya agama mafia yang membunuh siapa saja yang berkata, membuat gambar, atau menulis buku yang salah. Penulis buku kelahiran AS, Sam Harris, yang juga tampil dalam acara tersebut pun menimpali pernyataan Maher dengan menuding Islam sebagai agama yang ‘sarat dengan gagasan-gagasan buruk’.

Tanpa diduga, komentar kedua orang tersebut ternyata menuai reaksi keras Affleck. Menurutnya, pandangan orang-orang Barat kebanyakan yang menggambarkan umat Islam sebagai masyarakat “buruk” dan agama kaum “ekstremis” adalah sebuah kekeliruan.

Ben Affleck pun langsung bereaksi atas pendangan Sam Harris. “Tunggu dulu! Memang kau mengerti sejauh apa mengenai doktrin atau ajaran Islam? Kau terdengar seperti orang yang rasis dengan pandangan tersebut,” ujar Ben Affleck, seperti dikutip The Express Tribune.

“Anda katakan (Pendapat yang menyebut umat Islam kejam), itu hanya stereotip,” ujar pria yang memerankan Bruce Wayne dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice itu, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (7/10).

Baca Juga

Bill Maher pun seakan menyulut pembicaraan yang memang tengah panas. “Islam merupakan satu-satunya agama yang bertindak seperti mafia. Islam akan membunuhmu jika kau mengatakan hal yang salah, menggambar atau menulis sesuatu yang dianggap tak baik,” tambah Bill Maher.

Ben Affleck pun langsung memberikan pembelaan. “Lalu, apa solusimu? Kita harus menghina Islam? Atau kita harus terus membunuh Muslim dan menyerang negara-negara Islam lebih banyak lagi? Apakah kita jadi bebas melakukan hal itu?” kata Ben Affleck.

“Jadi, menyerang atau membunuh umat Muslim merupakan sebuah insiden. Itulah alasan yang kita kemukakan saat menyerang Irak. Saya benar-benar tak setuju dengan pendapat Anda,” tambah Ben Affleck dengan kesal.

Kritik pedas Affleck kepada Maher dan Harris itu pun menuai banyak pujian dari kalangan netizen. Seperti komentar pengguna media sosial twitter @AnushaysPoint misalnya, yang menuliskan, “Love this and go Ben! (Saya suka ini dan maju terus Ben!)” di akunnya, Sabtu (4/10) lalu.

Selain itu, pemilik akun @Deanofcomedy juga memuji sikap pemeran Bruce Wayne dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice itu. “Bill Maher offered Muslims an Eid gift last night by demonizing Muslims but Thankfully Ben Affleck was on panel (Bill Maher memberi ‘hadiah Idul Adha’ berupa cercaan terhadap umat Muslim tadi malam, namun terima kasih banyak kepada Ben Affleck yang sudah berani menyanggahnya),” kicau @Deanofcomedy pada hari yang sama. (RoL/salam-online)

Baca Juga